10 Jajanan Receh yang Banyak Dicari di Bandung Menjelang Buka Puasa, Wajib Dicoba

10 Jajanan Receh yang Banyak Dicari di Bandung Menjelang Buka Puasa, Wajib Dicoba Jajanan yang banyak di buru untuk berbuka puasa

TREASBANDUNG.COM - Hal yang sangat ditunggu pada bulan Ramadhan yakni saat berbuka puasa, dimana umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa akan segera mengakhiri lapar dan dahaganya.

Kebiasaan yang dilakukan menjelang berbuka puasa, menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman untuk disantap sendiri, bersama keluarga, maupun kerabat.

Dengan banyaknya jenis makanan dan minuman yang dijajakan pedagang, tentunya membuat kesulitan untuk memilih apa yang akan di beli. Untuk itu kita membuat pilihan jajanan paling banyak dicari di Bandung:

1. Gorengan

Kudapan yang satu ini sudah menjadi jajanan khas dan favorit di Indonesia, banyak ditemukan di sudut kota, baik kota besar maupun kecil.

Tak terkecuali di Bandung sendiri, dengan berbagai pilihan seperti bala-bala, gehu, pisang goreng, cireng, ulen, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

2. Cilok

Cilok alias aci dicolok, dari namanya kita tahu bahwa makanan ini berasal dari Jawa Barat yang tentunya banyak ditemui di Bandung terlebih saat menjelang buka puasa.

Dengan tetelan sebagai isiannya lalu campuran bumbu kacang, kecap, dan sambal membuat makanan ini banyak peminatnya.

3. Kerupuk Ojay

Menu ini andalan saat bulan Ramadhan, berbeda dengan kerupuk yang biasa kita makan sehari-hari kerupuk ojay ini biasa di sajikan dengan bumbu oncom yang menyerupai kuah.

Cara makannya dengan mencelupkan kerupuk hingga terendam semua bagian seperti namanya ojay yang mempunyai arti renang.

4. Cilor

Cilor juga merupakan makanan khas dari Jawa Barat, bentuknya yang mirip dengan cilok namun dibalut dengan telor yang kemudian di goreng.

Cilor biasanya disajikan dengan bumbu atau saus sambal, cilor sudah populer di Jawa Barat bahakan di Indonesia Terutama di daerah Bandung.

5. Cakue Mini

Cakue terbuat dari adonan tepung terigu, ragi, dan bahan lainnya yang digoreng hingga kecoklatan. Cakue biasanya berbentuk panjang dan berongga di dalamnya, .

Cakue biasanya disajikan dengan saus yang terbuat dari saus cabai, bawang putih, dan minyak wijen. Makanan ini sangat populer di Indonesia, terutama sebagai camilan atau sebagai bubur ayam.

6. Cendol

Cendol adalah minuman yang terbuat dari adonan tepung beras, tepung ketan, dan air kelapa hijau yang dibentuk seperti mie, kemudian direbus dan disaring.

Cendol dihidangkan dengan campuran santan, gula merah cair, dan es serut. Cendol biasanya memiliki rasa yang manis dan segar, dan sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa.

7. Es Kelapa

Sudah tak asing lagi yakni es kelapa, dengan potongan daging kelapa muda dengan air kelapa dicampur dengan gula sirup atau bisa juga menggunakan kental manis dan tambahan es batu.

Es kelapa populer di daerah panas, namun dengan rasanya yang menyegarkan dan memberikan energi pada tubuh membuatnya populer di setiap daerah.

8. Es Cincau

Minuman ini sejenis jeli atau agar-agar yang terbuat dari daun cincau yang direbus dan dipadatkan dengan cara didinginkan.

Cincau lebih segar dipadukan dengan campuran gula dan santan kemudian tambahan es serut dan bisa juga diberi toping es krim.

9. Telur Gulung

Siapa yang tidak tahu jajanan satu ini? pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis jajanan satu ini. Telur gulung sebutannya menjadi salah satu jajanan yang paling diburu saat bulan Ramadhan.

Dibuat dengan bahan utama telur dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu yang kemudian digoreng manggunakan minyak panas sehingga membentuk gulungan.

10. Cimol

Cimol adalah makanan ringan atau camilan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Cimol terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bawang putih, garam, dan bumbu-bumbu lainnya, kemudian dibentuk bulat dan digoreng hingga kecoklatan.

Cimol biasanya disajikan dengan tambahan bumbu kacang atau saus sambal sebagai pelengkapnya. Cimol memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih dan pedas, sehingga menjadi camilan yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini