Duel Lawan Persita Bakal Jadi Laga Penentu Persib Tampil di Piala AFC 2023

Duel Lawan Persita Bakal Jadi Laga Penentu Persib Tampil di Piala AFC 2023 Tim Persib Bandung. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

TERASBANDUNG.COM - Persib dan Persija Jakarta menjadi dua tim yang berpeluang menduduki posisi runner-up Liga 1 2022-2023 saat gelar juara telah dipastikan menjadi milik PSM Makassar.

Saat ini, setelah kemenangan atas Persis Solo 3-1, Persib mengoleksi 62 poin dari 32 pertandingan. Sedangkan Persija mengemas 60 poin dari 32 pertandingan.

Persija berhasil memangkas ketertinggalan poin menjadi dua angka setelah memenangi laga lanjutan Liga 1 kontra Persebaya Surabaya 0-1 yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jawa Timur, pada Rabu malam.

Ya, Persija menjadi satu-satunya tim yang mengancam posisi Maung Bandung di peringkat kedua klasemen Liga 1.

Baca Juga : Luis Milla Bicara Kerangka Tim Persib Musim Depan Serta Pemain yang Dipertahankan dan Dilepas

Peluang itu masih ada, mengingat Persib dan Persija hanya terpaut dua angka. Mereka juga sama-sama memiliki sisa dua pertandingan pada pergelaran Liga 1 musim ini.

Pada dua laga terakhir, Persija akan melawan Dewa United dan PSS Sleman. Sedangkan Persib dijadwalkan melawan Persita Tangerang dan Persikabo 1973.

Melihat petanya, maka dua sisa laga ini akan menjadi penentu siapa yang bakal lolos sebagai runner up di kompetisi Liga 1 tahun ini.

Mengingat pentingnya kedua laga itu, Pelatih Persib Luis Milla tak mau pemainnya mengulang kesalahan seperti saat dikalahkan Persija di laga tunda yang lalu.

Pelatih asal Spanyol itu berharap skuadnya mampu memainkan permainan seperti laga sebelumnya kontra Persis Solo saat menghadapi Persita Tangerang di Indomilk Arena pada Minggu 9 April nanti.

Apakah Luis Milla akan memainkan taktik 4 bek lagi seperti saat Persib kalahkan Persis Solo. Bagi Luis Milla memainkan taktik 4 bek merupakan transformasi taktik baru Persib. Karena biasanya, ia memainkan 3 bek dengan formasi 3-4-3.

Baca Juga : Kenapa Tingkat Kecelakaan di Bulan Puasa Lebih Tinggi, Cek di Sini Penyebabnya

"Kami memang mengubah taktik dengan memainkan empat bek sejajar dan menambah satu gelandang di tengah untuk menjadikan adanya situasi satu lawan satu antar gelandang di lini tengah untuk memberikan pressing bagi Persis," imbuhnya.

Menurut Luis Milla, konsep ini sempat hilang di laga sebelunya kontra Persija. Begitu pun di babak pertama saat menghadapi Persis Solo.

"Konsep ini tidak terlihat di laga melawan Persija, begitu pula di awal laga karena Persis bermain bagus saat menguasai bola. Tapi setelah tim kami menunjukan karakter mereka untuk memberikan segalanya, situasinya berubah dan saya senang dengan performa yang mereka mainkan, saya berharap ini berlanjut untuk pertandingan selanjutnya melawan Persita," harap Luis Milla.

Perlu diketahui, Persib wajib meraih kemenangan dalam dua laga sisa di Liga 1. Selain untuk menjaga target menjadi runner up Liga 1, skuad asuhan Luis Milla juga masih berpeluang tampil mengikuti Piala AFC 2023.

Musim lalu, Persib memang sebagai runner-up Liga 1, dan berhak mengikuti play-off Piala AFC 2023. Tetapi Persib belum mendapatkannya pada musim ini.

Situasi pelik ini terjadi akibat Liga 1 2021/2022 yang berakhir terlalu terlambat akibat penundaan pada masa pandemi Covid-19.

Dengan adanya perubahan sistem merit untuk wakil Indonesia yang dapat mengikuti turnamen antar klub Asia di musim depan, membuat Persib tak bisa secara otomatis tampil di Piala AFC 2023.

Baca Juga : Ini Daftar 10 Posko PMI Siaga Idulfitri di Kota Bandung

Begitupun untuk tiket Liga Champions Asia akan diperebutkan juara Liga 1 musim lalu dan musim ini.

Dengan demikian, Bali United bakal berduel dengan PSM Makassar untuk menentukan siapa wakil Indonesia di Liga Champions Asia musim depan.

Pemenang dari laga itu akan mewakili Indonesia di Liga Champions Asia, biarpun harus melalui babak play-off lagi.

Mekanisme serupa juga bakal dilakukan untuk menentukan siapa utusan untuk Piala AFC musim depan. Persib sebagai Runner-up Liga 1 musim lalu tengah menantikan siapa lawan yang akan dihadapi dalam play-off Piala AFC tersebut.

Namun jika nantinya Persib yang duduk di posisi kedua musim ini, maka pertandingan play off tidak akan digelar. Sebaliknya jika Persija yang yang menduduki posisi runner up, maka Persib akan berhadapan dengan Persija.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini