3 Mega Proyek yang Akan Mengubah Wajah Jawa Barat ke Depan

3 Mega Proyek yang Akan Mengubah Wajah Jawa Barat ke Depan

TERASBANDUNG.COM - Ada 3 mega proyek yang bakal mengubah wajah Provinsi Jawa Barat dalam beberapa tahun ke depan.

Diantaranya proyek strategis nasional (PSN), baik yang sudah selesai dan sebentar lagi akan bisa digunakan secara luas oleh publik.

Berikut ini 3 mega proyek yang akan mengubah wajah Jawa Barat ke depan:

1. Tol Cisumdawu

Proyek strategis nasional (PSN) yang dikerjakan sejak 2011 akhirnya bakal selesai pada Juni 2023. Progres konstruksi pada ruas tol ini.

Di Indonesia kemegahan tol Cisumdawu Jawa Barat sempat menjadi perhatian publik karena diklaim akan menjadi jalan tol terindah jika seluruh ruasnya telah tersambung.

Salah satu ikon menarik dari jalan tol ini adalah dibangunnya terowongan kembar menembus gunung yang berada di seksi Rancakalong Sumedang terowongan kembar sepanjang 472 m adalah yang terpanjang bahkan yang pertama menembus gunung untuk jaringan tol di Indonesia.

Baca Juga : Jadi Penentu Kemenangan Indonesia, Gelandang Persib Beckham Putra: Alhamdulillah Saya Bisa Buktikan

2. Bandara Internasional Kertajati

Keberadaan Bandara Internasional Kertajati juga akan mengubah pergerakan masyarakat, khususnya dari sektor transportasi udara.

Apalagi, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengharapkan bahwa bandar udara internasional tersebut dapat menjadi hub dari penerbangan di Jawa Barat.

Nantinya seluruh penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara akan dialihkan ke BIJB secara bertahap.

Pengalihan penerbangan tersebut dimulai dari pesawat jet yang berpindah seluruhnya ke Kertajati. Sementara di Bandara Husein Bandung akan disisakan pesawat propeler hingga 1 tahun ke depan.

Baca Juga : Mengenal Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Asal Indonesia Berusia 119 Tahun

3. Metropolitan Rebana

Metropolitan Rebana merupakan kawasan yang bakal menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru di wilayah timur Jawa Barat.

Kawasan Metropolitan Rebana ini, akan ditunjang dengan Bandara Kertajati, Tol Cisumdawu, Tol CIpali, Pelabuhan Patimban hingga kawasan Kota Bandara Kertajati.

Juga ditunjang dengan wilayah penyangga seperti Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka hingga Sumedang dan Subang.

Tentunya tuntasnya pembangunan Tol Cisumdawu akan menjadi triger baru bagi perkembangan di wilayah timur Jawa Barat tersebut.

Itulah daftar mega proyek yang akan mengubah wajah Jawa Barat ke depannya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini