Mengenal Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Asal Indonesia Berusia 119 Tahun

Mengenal Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Asal Indonesia Berusia 119 Tahun Mbah Harun. (Foto: Tangkapan layar instagram)

TERASBANDUNG.COM - Namanya Harun atau akrab disapa Mbah Harun. Usianya sudah 119 tahun. Mbah Harun kini tercatat sebagai jemaah haji tertua di tahun 2023.

Dikutip dari unggahan Instagram @informasihaji, Mbah Harun mendaftar haji pada 2017 dari hasil menjual tanah dekat tempat tinggalnya. Dia baru kebagian berangkat haji pada 2046

Namun, Mbah Harun mendapatkan kuota prioritas lansia sehingga bisa menunaikan haji di tahun 2023 ini.

"Alhamdulillah, meski mendapat jadwal tunggu sampai tahun 2046, Mbah Harun tahun ini dapat berangkat melalui kuota prioritas lansia," tulis akun Instagram @informasihaji, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga : Jadwal Lengkap Layanan SIM Keliling Kabupaten Bandung 11-13 Mei 2023

Mbah Harun mengaku senang bisa berangkat haji pada tahun 2023 ini. Jemaah haji asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur juga mengaku berani berangkat sendiri.

"Alhamdulillah bisa berangkat tahun ini dan Mbah Harun senang," kata pria di samping Mbah Harun, menerjemahkan jawaban Mbah Harun yang berbahasa Madura.

Mbah Harun memang akan berangkat ke Tanah Suci sendirian karena istrinya sudah meninggal.

Ditanya soal rahasia sehatnya, Mbah Harun menjawab rutin minum air hangat dan mengonsumsi beras dari hasil pertaniannya sendiri.

Baca Juga : Info BMKG, Peringatan Dini Cuaca Jawa Barat, Termasuk Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung dan KBB Hari Ini, Kamis 11 Mei 2023

Terkadang, ia makan nasi jagung dan konsumsi daging ikan-ikanan. Selain itu diceritakan pula, setiap pagi Mbah Harun berkeliling dari rumah ke pelatarannya sebagai latihan fisik menghadapi ibadah haji.

Mbah Harun terlihat sangat sehat meski pendengarannya sudah berkurang. Berbekal doa dan bantuan dari keluarga, pihak KBIHU, serta Kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan, ia pun tetap optimistis dapat menunaikan ibadah haji tahun ini.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini