7 Ancaman Bahaya Kurang Tidur Yang Sering Diabaikan

7 Ancaman Bahaya Kurang Tidur Yang Sering Diabaikan Ilustrasi berbagai ancaman akibat kurang tidur. (pexels)

TERASBANDUNG.COM - Tidur merupakan kebutuhan bagi semua orang. Tidur menjadi salah satu kunci utama kesehatan, baik fisik maupun psikis.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Kurang dari itu, beberapa dampak buruk bisa mengintai Anda.

Meski setiap kelompok umur memiliki jam dan kebutuhan waktu tidur yang berbeda, namun tidur dengan waktu yang cukup dan ideal akan memberikan banyak manfaat, seperti kebugaran bagi tubuh saat melakukan aktivitas hingga menghindarkan dari berbagai penyakit.

Namun sangat disayangkan, banyak diantara kita yang tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang ideal akibat pekerjaan yang harus diselesaikan, hingga permasalahan tidur yang serius.

Kebiasaan buruk menunda waktu tidur dan berbagai permasalahan tidur lainnya, harus mendapatkan penanganan sedini mungkin, agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan ancaman akibat kurang tidur.

Baca Juga : WOW... Ini Daftar Makanan Khas Indonesia Terenak di Dunia

Berikut ini berbagai ancaman akibat kurang tidur yang harus diketahui, sebagaimana disadur dari laman Dinkes Jabar.

1. Hilang Konsentrasi Saat Belajar

Bagi anda yang berstatus pelajar atau anda yang harus bekerja menggunakan pikiran anda, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi ketika belajar atau menyulitkan anda untuk mengingat tentang sesuatu yang sudah atau belum anda kerjakan sebelumnya.

2. Hilangnya Fokus Saat Berkendara

Seorang pengendara harus memiliki istirahat yang cukup dimalam hari. Karena apabila anda kurang tidur dimalam hari, maka dapat dipastikan fokus anda akan menurun ketika anda berkendara.

3. Munculnya Obesitas

Ketika kita selalu terjaga dimalam hari, maka akan terjadi peningkatan rasa lapar dan nafsu makan yang ingin tersalurkan. Hal ini akan memicu obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebih dari ukuran ideal.

4. Stress yang Meningkat

Akibat kurang tidur yang lain adalah anda akan sering mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan cenderung murung dalam beraktivitas sehari-hari.

5. Kulit Terlihat Lebih Tua

Akibat kurang tidur, kulit akan terlihat pucat dan kusam serta muncul kerutan halus yang nampak pada kulit dan mata akan terlihat bengkak.

6. Sering Lupa

Jika anda sering lupa mengingat suatu hal, seperti lupa dimana barang yang anda letakkan atau lupa ketika anda hendak menggunakan barang tersebut. Maka dimungkinkan pula itu terjadi akibat anda kurang tidur.

Baca Juga : Membuka dan Membaca Alquran Digital di HP Tanpa Wudhu, Bolehkah?

7. Memperburuk Kondisi Kesehatan Tubuh

Berbagai penyakit akan menghampiri anda apabila anda kurang tidur, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, bahkan diabetes

Dengan mengetahui berbagai ancaman yang muncul akibat kurang tidur diatas, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat mengenai pentingnya tidur, sehingga berbagai ancaman diatas dapat segera diminimalisir.

Tetap terapkan hidup sehat dengan rutin berolahraga dan memenuhi kebutuhan tidur yang ideal agar terhindar dari berbagai penyakit.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini