WOW... Ini Daftar Makanan Khas Indonesia Terenak di Dunia

WOW... Ini Daftar Makanan Khas Indonesia Terenak di Dunia

TERASBANDUNG.COM - Indonesia memiliki berbagai makanan yang berasal dari berbagai daerah dengan citarasa khas dan tentu menggugah selera.

Karena keanekaragaman kuliner dengan berbagai rasa ini, banyak makanan khas Indonesia yang telah diakui kelezatannya oleh dunia.

Cita rasa makanan khas Indonesia terbilang autentik dan beda dengan negara lainnya, karena Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah.

Tentunya sebagai orang Indonesia kita patut berbangga. Tak sekadar lezat, makanan enak dari Indonesia juga membawa citra positif bagi pariwisata Tanah Air.

Baca Juga : Membuka dan Membaca Alquran Digital di HP Tanpa Wudhu, Bolehkah?

Berikut ini beberapa makanan yang telah diakui kelezatannya di dunia.

1. Rendang Daging

Siapa yang tidak kenal olahan daging khas Sumatera Barat satu ini? Rendang biasa dihidangkan pada saat hari raya dengan bumbu rempah yang gurih.

Untuk memasak rendang, biasanya diperlukan waktu 4-5 jam, sampai daging berwarna hitam dan bumbu meresap sempurna.

Hebatnya lagi, pada 2011 dan 2017, rendang sebagai salah satu makanan khas Indonesia telah mendapat predikat sebagai 'Makanan Terenak di Dunia'.

Di Indonesia terdapat kurang lebih 5.350 resep rendang yang berasal dari warisan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

2. Sate

Selain rendang, sate termasuk makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Sate pernah menduduki peringkat ke-14 sebagai 'Makanan Terenak di Dunia'.

Makanan khas Indonesia satu ini terbuat dari daging yang ditusuk lalu dibakar. Menariknya, kini beberapa restoran di luar negeri juga kerap memasukkan satay dalam buku menu mereka.

3. Gudeg

Siapa yang suka makanan manis khas Indonesia satu ini? Makanan dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka ini ternyata digemari masyarakat internasional karena cita rasanya yang unik.

Saking uniknya, banyak negara berbondong-bondong mengimpor makanan khas Indonesia ini dalam kalengan.

Bahkan, menariknya lagi, di Melbourne, Australia, terdapat restoran bernama Clayton yang menyajikan gudeg dengan cita rasa khas lidah orang Yogyakarta.

Baca Juga : 6 Manfaat Penting Sarapan Pagi Sebelum Berangkat Kerja

4. Bakso

Makanan Indonesia yang tak kalah mendunia ini sangat disukai banyak orang. Bakso memiliki tekstur yang kenyal, lembut atau berserat.

Satu mangkuk bakso biasanya disajikan dengan mie kuning. tauge, pangsit, bawang goreng, bihun, dan seledri.

Cita rasa gurih membuat semua orang bakal ketagihan untuk menikmatinya. Saking enaknya, bahkan Presiden AS ke-44, Barack Obama, menyukai makanan khas Indonesia satu ini. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini