8 Tips Menghilangkan Noda Kuning Sol Sepatu Menggunakan Peralatan Sederhana

8 Tips Menghilangkan Noda Kuning Sol Sepatu Menggunakan Peralatan Sederhana Membersihkan sol sepatu yang menguning atau yellowing (istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Sol sepatu yang berwarna putih cenderung mudah kotor, jika sering digunakan maka akan berubah warnanya menjadi kekuningan apalagi jika jarang dicuci atau pun dilap.

Noda kekuningan tersebut disebabkan oleh kotoran yang menumpuk dah teroksidasi sehingga menyatu ke dalam pori-pori sol sepatu yang terbuat dari karet, sehingga tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan sabun saja agar kembali terlihat putih.

Sol sepatu yang menguning atau biasa disebut yellowing, tentunya akan mengurangi tampilan sepatu itu sendiri dan membuat pemakai sepatu tersebut merasa kurang percaya diri.

Baca Juga : WOW... Ini Daftar Makanan Khas Indonesia Terenak di Dunia

Berikut tim terasbandung.com merangkum dari berbagai sumber untuk cara untuk membersihkan sol sepatu yang menguning agar terlihat bersih seperti baru lagi:

1. Siapkan beberapa bahan berikut:

- Air hangat

- Sabun cuci atau sabun cuci piring

- Sikat gigi yang tidak terpakai atau sikat gigi lembut

Cairan pemutih (opsional)

2. Basahi sikat gigi: Basahi sikat gigi dengan air hangat.

3. Campurkan sabun cuci: Teteskan beberapa tetes sabun cuci atau sabun cuci piring ke sikat gigi yang basah.

4. Gosok perlahan: Gosok perlahan bagian karet yang menguning dengan sikat gigi yang telah dicampur sabun. Gunakan gerakan melingkar dan perlahan untuk menghindari kerusakan pada sepatu.

5. Bilas dengan air hangat: Setelah membersihkan dengan sikat gigi, bilas bagian yang dibersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan sisa sabun.

Baca Juga : 7 Ancaman Bahaya Kurang Tidur Yang Sering Diabaikan

6. Cek kebersihan: Periksa apakah karet sepatu sudah bersih atau masih terdapat noda kuning yang tersisa. Jika masih ada, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.

7. Gunakan cairan pemutih (opsional): Jika kuning pada karet masih tetap ada, Anda dapat mencoba menggunakan sedikit cairan pemutih. Oleskan sedikit cairan pemutih pada karet menggunakan sikat gigi yang bersih, lalu bilas dengan air hangat.

8. Keringkan dengan baik: Setelah selesai membersihkan karet sepatu, biarkan kering secara alami. Hindari menggunakan panas langsung seperti pengering rambut, karena dapat merusak karet.

Baca Juga : Membuka dan Membaca Alquran Digital di HP Tanpa Wudhu, Bolehkah?

Sebagai catatan pastikan untuk mengikuti instruksi perawatan khusus yang mungkin terdapat pada sepatu Anda, karena beberapa jenis sepatu mungkin memiliki aturan perawatan yang berbeda.

Untuk mencegah yellowing sebaiknya sol sepatu dengan warna putih harus rutin dibersihkan setiap kali setelah dipakai cukup menggunakan lap basah kemudian keringkan menggunakan lap kering.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Genta Mahesa

Berita Terkini