Tak Hanya untuk Jilbab, Ini Manfaat Lain dari Scraf

Tak Hanya untuk Jilbab, Ini Manfaat Lain dari Scraf Ist

TERASBANDUNG.COM - Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa scraf merupakan salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh kaum wanita, khususnya bagi para Muslimah yang berhijab. Ya, sebab scraf memiliki fungsi sebagai penutup kepala.

Ada banyak sekali merk scraf yang tersedia dipasaran, dan salah satu yang paling populernya adalah scraf kienka. Hal itu bukan tanpa alasan, karena scraf brand Kienka memiliki sifat yang serba guna lho.

Lantas, seperti apa sajakah manfaat lain dari scraf selain dijadikan jilbab? Nah, biar kamu gak penasaran, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Sebagai Pengganti Kalung

Wanita di negara India kerap menggunakan scraft untuk mempercantik tampilannya. Usut punya usut, ternyata penggunaan scraft bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti kalung. Karbanya, penggunaan scraf sebagai pengganti kalung sudah populer sejak awal abad ke-19.

Namun, tren tersebut baru kembali booming di tahun 2000 sampai sekarang. Dengan melilitkan scraf di area leher, maka tampilanmu akan terlihat modis dan stylish.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih scraf yang berbahan sifon atau katun. Pasalnya, scraf yang berbahan katun maupun sifon tidak akan terasa gerah meski dipakai di siang hari. Jika kamu tinggal di daerah yang beriklim dingin, sebaiknya pilih scraf yang bahannya tebal.

2. Bisa Dijadikan Aksesoris Busana

Seandainya kamu ingin menjadikan scraf sebagai aksesoris busana, kamu pun hanya tinggal menggantungkan scraf tersebut di area leher. Pilihlah scraf model segi empat agar tampilanmu terkesan lebih elegan dan glamour.

3. Dapat Menciptakan Gaya Ascot Knot

Untuk kamu yang ingin menciptakan gaya ascot knot, sebaiknya gunakan scraf model segi empat. Ya, gaya yang satu ini hanya perlu melilitkan scraf di bagian leher sebagai pelengkap kemeja dengan kancing depan terbuka lebar.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya ke acara-acara formal seperti kantoran, wisuda, pesta pernikahan, dan lain sebagainya. Agar tidak terkesan kontras, sebaiknya kamu pilih scraf dengan motif dan warna yang sesuai busanamu.

4. Bisa Dijadikan Aksesoris Tas

Tak hanya dijadikan aksesoris busana, bahkan scraf juga bisa kamu gunakan sebagai aksesoris tas. Menurut informasi yang didapat, kebanyakan wanita Eropa selalu menggunakan tas jinjing dengan lilitan scraf yang berbahan satin agar terlihat lebih modis dan anggun.

5. Bisa Dijadikan Ikat Pinggang

Manfaat lain dari scraf berikutnya yang harus kamu ketahui, yakni bisa dijadikan sebagai belt alias ikat pinggang. Dalam hal ini, kamu bisa melipat scraf menjadi persegi panjang lalu ikatkan ke bagian pinggang.

Akan tetapi, scraf yang dijadikan ikat pinggang ini hanya cocok ketika kamu memakai gaun panjang tanpa lekukan.

Perbedaan Scraf dan Syal

Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa scraf dan syal itu sama. Ya, hal ini dikarenakan keduanya kerap dipakai untuk menghangatkan area leher.

Padahal, antara scraf dengan syal merupakan dua aksesoris yang berbeda lho. Perbedaan yang paling mencolok terlihat dari segi bahan. Jika scraf terbuat dari bahan kain seperti katun, chifon, dan sutera, maka syal terbuat dari bahan wol.

Tak hanya dari segi bahan, proses pembuatan scraf dan syal juga berbeda. Pada umumnya, syal dibuat dengan cara dirajut menggunakan benang wol dan memiliki ukuran yang lebih lebar. Itu sebabnya, mengapa syal terasa lebih hangat dibandingkan dengan scraf.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini