Video Detik-detik Seusai Pesawat Jatuh di Ciwidey, Begini Kondisi Terkini Korban, Sempat Ditolong Warga Setempat

Video Detik-detik Seusai Pesawat Jatuh di Ciwidey, Begini Kondisi Terkini Korban, Sempat Ditolong Warga Setempat Pesawat Jatuh di Ciwidey. (Instagram @terasbandungcom)

TERASBANDUNG.COM - Pesawat latih jatuh di kawasan perkebunan teh Ciwidey, Kabupaten Bandung pada Minggu 28 Mei 2023.

Kabar jatuhnya pesawat tersebut dikonfirmasi Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo.

"Betul ada pesawat jatuh di Ciwidey" ujar Kapolresta Bandung.

Dalam video tersebut terlihat kobaran api dan asap hitam yang diduga berasal dari puing-puing jatuhnya pesawat. Terlihat juga sejumlah warga di antara lokasi jatuhnya pesawat tersebut.

Diketahui helikopter latih terjatuh tersebut milik TNI AD. Kadispenad Hamim Tohari mengatakan helikopter jenis BEL 412 milik TNI AD itu mengalami kecelakaan pada Minggu (28/5) pukul 13.30 WIB.

"Kecelakaan helikopter jenis BEL 412 milik TNI AD di Kampung Bayongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali dalam rangka mendukung latihan Yonif 300 R/ BJW," kata Hamim lewat keterangan tertulis, dilansir CNN Indonesia.

Baca Juga : Resmi Jadi Pemain Persib, Tyronne del Pino Langsung Rasakan The Power Of Bobotoh, Teddy: Proses Perekrutannya Alot

Hamim memastikan seluruh kru helikopter selamat, namun sejumlah kru mengalami luka-luka benturan dan sudah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan.

Dilansir detikJabar, Minggu 28 Mei 2023, warga setempat memberikan kesaksiannya mengenai jatuhnya helikopter itu.

Yadi (32), seorang warga mengatakan, lokasi kejadian terletak di sebuah perkebunan di Kampung Rahayu, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Yadi mengatakan insiden itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kejadiannya setelah zuhur, Kang, jam 1-an. Jatuhnya ke kebun," kata Yadi saat dihubungi detikJabar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Yadi, 5 orang berada di helikopter. Mereka semua, menurut Yadi, dipastikan selamat dalam insiden tersebut.

"Kalau kronologinya saya juga dapat informasi dari grup kalau ada pesawat jatuh. Mau ke lokasi juga nggak bisa, tertutup. Tapi katanya, ada 5 orang pas heli itu jatuh, selamat semuanya," tuturnya

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia mengatakan helikopter itu tengah berlatih saat insiden itu.

Meski belum diketahui kronologi pasti dan penyebab terjadinya kecelakaan, berdasarkan informasi yang dihimpun, diduga ada lima orang kru yang menjadi korban dalam insiden tersebut.

Baca Juga : Resmi Jadi Pemain Persib, Tyronne del Pino Langsung Rasakan The Power Of Bobotoh, Teddy: Proses Perekrutannya Alot

Kadispenad Hamim Tohari mengatakan, seluruh kru pesawat selamat, walau mengalami luka-luka di bagian tubuhnya.

Evakuasi dilakukan oleh petugas dibantu warga setempat. Seluruh korban saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Dustira Cimahi untuk mendapat pertolongan medis.

Sementara, penyelidikan tengah dilakukan oleh pihak kepolisian.

"Helikopter jatuh di Ciwidey, saya menuju ke sana sekarang," tutur Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PRFM News pada Minggu, 28 Mei 2023.

Akibat kejadian ini, perkebunan teh di wilayah tersebut tertutup asap hitam, pesawat yang jatuh turut terbakar hingga menimbulkan kepulan tebal.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini