5 Rekomendasi Menu Makanan Akhir Pekan di Rumah Bareng Keluarga, Kekinian dan Sedang Populer

5 Rekomendasi Menu Makanan Akhir Pekan di Rumah Bareng Keluarga, Kekinian dan Sedang Populer Ilustrasi. Makanan sayur kangkung. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Tal ada agenda liburan akhir pekan, bingung mau ngapain? Ide ini sangat cocok buat kamu yang akan menghabiskan libur akhir pekan ini di rumah.

Namun, menu apa untuk mengisi akhir peman di rumah yang paling cocok? Berikut ini rekomendasi menu makan kekinian yang cocok disantap di rumah.

1. Asam pedas baung

Populer di Kepulauan Riau, kuliner ikan nan lezat ini bisa jadi pilihan menu makanan akhir pekan para kaum rebahan. Asam pedas baung dapat dinikmati setiap saat, apalagi jika membuatnya dengan jumlah yang banyak.

Ikan baung yang telah bersih, dimasak bersama bumbu rempah dan cabai merah, dengan tambahan air. Yang mana, bila asam pedas baung sudah matang. Nikmat banget mendarat di lidah bersama nasi putih hangat.

Baca Juga : 8 Tips Liburan Akhir Pekan Meyenangkan dan Pasti Hemat

2. Ayam pongteh

Bila di Indonesia, ayam pongteh hampir serupa dengan semur ayam kentang. Perbedaannya adalah adanya tambahan jamur shitake pada kuliner ayam yang populer di Malaysia tersebut.

Tidak hanya kecap manis dan berbagai macam bumbu, ayam pongteh dimasak pula dengan tambahan bumbu tauco. Ayam pongteh makin segar untuk disantap karena rasa pedasnya yang berkolaborasi dengan rasa manis dan gurih.

3. Sinigang na hipon

Tidak hanya dapat dibuat menggunakan daging perut babi, siningang juga dapat diolah dengan seafood seperti udang. Makanan khas Filipina ini tak lain adalah sup sayuran yang dikombinasikan dengan unsur hewani.

Sinigang na hipon memiliki berbagai isian sayur yang terdiri dari talas, okra, lobak, tomat, paprika, dan daun bayam. Punya kuah bening yang terasa sekali rasa serta aroma seafood karena tambahan saus ikan.

4. Bulgogi

Bertabur meriahnya wijen putih, olahan daging sapi yang nampol banget di lidah asal Korea Selatan ini bisa jadi pilihan menu akhir pekan para kaum rebahan.

Bulgogi dimasak dengan cara dipanggang. Daging sapi yang dipilih untuk masakan ini biasanya has luar atau has dalam, yang direndam dalam campuran kecap, gula, bawang merah, bawang putih, biji wijen, minyak wijen, dan lada hitam selama kurang lebih satu jam lamanya.

Baca Juga : 6 Penyebabnya Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda, Nomor 5 Banyak yang Tak Menyangka

5. Mapo tofu

Bisa menggunakan campuran daging sapi atau babi cincang sebagai pelengkap kenikmatannya. Mapo tofu ialah tumis tahu sutra potong dadu khas Tiongkok yang enak banget jadi pendamping nasi.

Memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, mapo tofu diolah dengan fermentasi kacang hitam atau dikenal dengan nama dou-chi. Sedangkan untuk rasa pedasnya sendiri, mapo tofu mengandalkan lada sichuan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini