Warga Sebut Kondisi Jalan Riau Kota Bandung Semakin Nyaman, Ini Penyebabnya

Warga Sebut Kondisi Jalan Riau Kota Bandung Semakin Nyaman, Ini Penyebabnya Jalan Riau, depan Taman Pramuka. (skyscrappercity.com)

TERASBANDUNG.COM - Sejumlah warga Kota Bandung mengapresiasi perapian kabel udara yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Warga menilai, selain bisa menghindari kecelakaan, perapian kabel membuat estetika Kota Bandung lebih baik.

Salah satu kawasan yang telah rampung perapiannya yaitu di Simpang Jalan LLRE Martadinata (Jalan Riau) dengan Jalan Banda.

Salah seorang warga, Fiona Fabel Loviani mengatakan, saat ini kondisi di jalan Riau semakin nyaman.

Ia yang juga bekerja di salah satu toko fesyen Jalan Riau itu, mengungkapkan Bandung semakin nyaman.

Baca Juga : Buat Pria dan Wanita Muslim, Jangan Dulu Mewarnai Rambut Sebelum Tahu Hukumnya

"Di sini semakin rapi kabelnya. Kalau ke toko juga tidak menghalangi kalau ada bus masuk atau parkir," kata Fiona, dilansir melalui siaran pers Humas Kota Bandung.

Menurutnya, Jalan Riau terlihat lebih nyaman dan semakin estetik.

"Makin rapih, mau foto-foto juga jadi bagus," ungkapnya.

Warga Bandung lainnya, Yuda menggungkapkan, adanya perapian kabel berpengaruh untuk tata kota yang rapi.

"Sekarang terlihat rapi, kabelnya hanya PLN saja, intinya rapi sih," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brilyana mengatakan, proses perapihan hingga pemotongan kabel merupakan proses panjang yang hasilnya estetika dan keselamatan terjaga.

"Ini proses panjang, kita sudah mulai membuat ducting ini tahun 2017. Alhamdulilah hari ini kita menyaksikan bersama Apjatel menurunkan kabel yang di atas," kata Yayan disela-sela pemotongan kabel udara, di Jalan Simpang Riau - Banda, Selasa 19 September 2023.

Yayan menambahkan, terdapat sekitar 30 - 50 kabel yang melintang di udara. Baik itu yang berfungsi maupun tidak.

Baca Juga : Melalui Bandung Berbagi, 2.805 Paket Sembako Dibagikan untuk Masyarakat Kurang Mampu

"Ada 30-50 kabel ini, dari kabel yang nyala sampai yang mati, dari yang berfungsi dan tidak fungsi. Kita potong (kabel) lalu salurkan ke bawah untuk menjaga estetika kota juga keselamatan masyarakat, " bebernya.

Targetnya, ia mengatakan, yaitu sekitar 2 pekan, untuk memotong hingga menggulung kabel, sehingga terlihat bersih.

"Pemotongan itu berlangsung 2 minggu, itu dilakukan pemotongan dan penggulungan. Kemudian tiang FO (Fiber Optic) akan dipotong sekitar 150-200 tiang," ungkapnya.

Yayan mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha operator atas kontribusi yang diberikan kepada Kota Bandung

"Apresiasi pengusaha, ada biaya yang tidak kecil, ini dengan ikhlas mereka membantu untuk keindahan Kota Bandung. Dengan kolaborasi ini bisa melakukan penarikan, pemasangan dan pemotongan kabel. Kami utamanakan juga pelayanan pengguna internet. Jangan sampai penertiban terganggu, kita pastikan layanan tidak terganggu," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Apjatel Kota Bandung, Yudi mengaku siap terus berkontribusi untuk keindahan Kota Bandung.

"Memang semenjak ada program pemerintah itu kita selalu mendukung. Dari asosiasi kita siapkan kepada para pengusaha operator. Alhamdulillah mereka menyambut baik dan mendukung," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, di Kota Bandung terdapat 33 operetor.

"Jumlah operator ada 33 operator yang ada di Bandung. Kalau nasional itu 88 operator. Dari 33 operator itu memang tidak semua memiliki kabel di satu titik," tuturnya.

Baca Juga : TPS Cicabe Kebakaran, Diskar PB Berhasil Padamkan Hanya 12 Menit!

Menurutnya, dengan perapihan hingga pemotongan kabel ini membuat kota semakin indah. Atas hal itu pun Apjatel menyambut baik program yang digulirkan oleh pemerintah tersebut.

"Saya sangat menyambut baik, memang bisa trrlihat keindahan kota lebih estetik. Kabel ini juga semakin rapi," ungkapnya.

Sedangkan Manager Maintenance Access Telkom Witel Bandung, Setiawan Subagio mengungkapkan, Telkom merupakan salah satu BUMN yang mendukung program pemerintah.

"Telkom salah satu BUMN yang selalu mendukung program pemerintah, baik pusat maupun daerah. Kita support program pemerintah, penurunan kabel khususnya," ungkap Setiawan.

Ia pun telah mengkiti berbagai kegiatan penurunan hingga pemotongan kabel, seperti di Jalan Ir H. Djuanda, Jalan Naripan, Jalan L.L.R.E. Martadinata. Hal tersebut ia buktikan ini sebagai bentuk dukungan.

"Kita semua ikut, ini bentuk dukung dan partisipasi penuh terhadap program Pemkot Bandung," ungkapnya.

Baca Juga : 9 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Islam

Setiawan mengaku siap untuk merapikan 13 ruas jalan yang ditargetkan oleh Pemkot Bandung.

"Telkom siap mendukung pelaksanaan 13 ruas jalan yang di targetkan oleh Pemkot Bandung dalam pembenahan kabel ini," ungkapnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini