EIMM 2023, Ajang Unjuk Gigi Kreativitas Mahasiswa Poltekpar NHI Bandung

EIMM 2023, Ajang Unjuk Gigi Kreativitas Mahasiswa Poltekpar NHI Bandung Salah satu tenant di acara Enhaii Makerspace and Marketplace (EIMM) 2023.

TERASBANDUNG.COM - Ada yang menarik di Kampus Poltekpar NHI Bandung Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Senin (23/10/2023).

Lewat wadah Enhaiipreneur Center, puluhan mahasiswa unjuk gigi memamerkan hasil kreasi mereka di ajang Enhaii Makerspace and Marketplace (EIMM) 2023.

Menurut Koordinator Kemitraan Eksternal Unit Enhaiipreneur Center Polkterpar NHI, Fitra Sujawoto, EIMM 2023 boleh dibilang sebagai bazar internal kampus.

"Dalam bazar internal ini mahasiswa Poltekpar NHI mendemonstrasikan kemampuannya dalam berwirausaha," kata Fitra, di Kampus Poltekpar NHI Bandung, Senin (23/10/2023).

Baca Juga : Sajian Kuliner Khas Jepang, Okosan Gyoza Terapkan Konsep Open Kitchen, Pengunjung Bisa Lihat Proses Pembuatan Makanan

Fitra mengatakan, Poltekpar NHI didorong menjadi tourism entrepreneur campus dengan target lulusan 30 persen wirausaha setiap tahunnya.

"30 persen wirausaha itu terbagi dari calon wirausaha dan wirausaha pemula. Nah, untuk itulah kemudian program-program seperti ini dihadirkan," tambah Fitra.

Lewat EIMM 2023, lanjut Fitra, pihaknya mengawinkan intrakurikuler yang diperoleh mahasiswa lewat kuliah, dengan ekstrakurikuler seperti bazar, inkubasi bisnis reguler, akselerasi bisnis untuk aspek legal, dan lain sebagainya.

"Nah menyatukan keduanya ini kami sebut sebagai integrated entrepreneurship learning, bagaimana mengawinkan dua hal tadi intrakurikuler dan ekstrakurikuler," jelas Fitra.

Uniknya, lanjut dia, di Poltekpar NHI Bandung ada seleksi masuk melalui jalur wirausaha. Pada jalur tersebut, kata Fitra, mahasiswa mengikuti seleksi profil usaha bisnis. Untuk syarat kelulusan, mahasiswa bisa mengambil tugas akhir business plan.

Baca Juga : Awas Isinya Bisa Meledak, Lontongnya Bikin Kenyang, Itulah Bakso Sedjahtera

"Jadi awal masuk mahasiwa sudah membuat profil bisnis, kemudian pertengahan mengikuti kegiatan ini (bazar), dan di akhir mereka bisa memilih mengambil skripsi atau business plan," kata Fitra.

Lebih lanjut Fitra mengatakan, EIMM 2023 diikuti oleh 30 mahasiswa. Selain Poltekpar NHI Bandung, kata dia, peserta yang terlibat juga berasal dari Poltekpar Palembang, Medan, dan Lombok.

"Sebelum ikut bazar ini, ada seleksi profil usaha. Tidak peduli mereka angkatan awal atau angkatan akhir silakan saja, mereka bisa mengikuti bazar ini," ujar Fitra.

Sementara itu, Kiki Nugraha, mahasiswa Jurusan Seni Pengolahan Petiseri (SPP) Poltekpar NHI angkatan 2022 mengaku terkesan dengan kegiatan EIMM 2023 ini.

"Acara ini luar biasa karena pastinya ramai seru banget terus dari sisi jualan, variannya banyak banget. Pokoknya keren," kata Kiki.

Baca Juga : Lagi, Kolam Retensi di Kecamatan Rancasari Siap Diresmikan

Kiki mengaku mengikuti EIMM 2023 karena merasa yakin kegiatan tersebut akan ramai. Selain itu, dia juga ingin melihat seperti apa bisnis yang digeluti teman-temannya di kampus.

"Jadi pengin ikutan lihat teman-teman pada punya bisnis, kayaknya saya bisa deh kayak mereka. Akhirnya mutusin coba aja dulu," ujar Kiki.

Awalnya, Kiki mengawali bisnis kuliner tersebut dari sambal kemasan. Kemudian, dia merasa tertantang untuk mencari produk yang bisa dimakan dan dikombinasikan dengan sambalnya.

"Saya pengin cari produk yang bisa dimakan dan dikombinasikan sama sambalnya itu, jadi ketemu nih produknya ada nasi kulit, pedas-pedasan, ada telur spesial juga," tandas Kiki yang berencana membuka tenant di luar NHI.

Enhaii Makerspace and Marketplace (EIMM) rencananya akan digelar selama empat hari mulai 23 Oktober hingga 26 Oktober 2023.

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini