7 Tips Sederhana Menumbuhkan Sifat Mandiri Pada Anak

7 Tips Sederhana Menumbuhkan Sifat Mandiri Pada Anak Menumbuhkan Sifat Mandiri Pada Anak. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Setiap orang tua pasti bisa menumbuhkan kemandirian pada anak, meski caranya berbeda-beda. Dalam artikel ini, ada tips sederhana untuk membantu bunda dalam menumbuhkan sifat mandiri pada anak.

Meningkatkan kemandirian dan melakukan sesuatu tanpa selalu mendapatkan pertolongan orang tua sangat penting bagi Si Kecil.

Itu merupakan bagian dari proses tumbuh kembang Si Kecil. Mengajarkan anak untuk mandiri tidak selalu mudah.

Namun, ada beberapa cara sederhana yang membantu mereka meraih kebebasannya dan menjadi pribadi yang mandiri, seperti disadur melalui laman Ccussonskids apa sajakah?

Baca Juga : 7 Menu Spesial Paling Cocok Disantap Sambil Menunggu Malam Pergantian Tahun Baru

1. Biarkan anak membantu pekerjaan rumah tangga

Bunda bisa membiarkan Si Kecil membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di rumah sesuai usianya. Misalnya, dengan membantu menyiapkan dan mengelap meja makan atau menyapu teras rumah.

Tugas ini juga sesimpel merapikan tempat tidur. Pemberian tugas ini tidak hanya menunbuhkan rasa tanggung jawab tapi juga kepercayaan diri karena Si Kecil merasa sudah membantu keluarganya.

2. Ajak anak membantu di dapur

Hal lain yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan kemandirian anak adalah dengan membiarkannya merasa nyaman di dapur.

Ajak ia membantu menyiapkan makanan sederhana. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengajari Si Kecil kebiasaan makan yang sehat.

3. Biarkan anak membuat keputusan kecil

Ada kalanya Bunda memberikan pilihan pada Si Kecil. Dimulai dari pilihan ringan seperti memilih di antara dua sepatu.

Mengizinkan anak membuat keputusan menunjukkan bahwa ia juga berhak untuk memilih apa yang lebih disuka.

4. Menghabiskan waktu tanpa orang tua

Saat anak-anak semakin besar, secara alami mereka mulai menghabiskan waktu di luar rumah. Apalagi, jika sudah bersekolah. Anak-anak akan sering berada di sekolah tanpa ada orang tua di sebelahnya.

Mereka mulai nyaman bermain bersama dengan teman-temannya. Si Kecil juga terkadang bermain di rumah temannya dan Bunda tidak perlu selalu memantaunya. Ini bisa menjadi salah satu cara menumbuhkan kemandirian anak.

5. Bantu anak menemukan cara menyenangkan diri sendiri

Si Kecil perlu mengetahui hal apa yang membuatnya senang dan nyaman dengan diri sendiri. Dengan begitu, ia tidak akan terlalu bergantung kepada orang lain.

Bunda dapat mendorong Si Kecil untuk lebih mandiri dengan membiarkannya mengatur waktu kegiatannya sendiri. Misalnya, biarkan anak menikmati membaca buku tanpa ditemani.

Baca Juga : Kabar Baik Jelang Nataru, Harga Pangan di Kota Bandung Alami Penurunan, Berikut Daftarnya

6. Jangan memaksa Si Kecil untuk melaksanakan tugas

Meskipun salah satu meningkatkan kemandirian anak adalah dengan memberikannya tugas, tetapi jangan sampai Bunda memaksanya.

Jika selalu mengingatkan Si Kecil akan tugasnya, itu justru akan membuatnya semakin bergantung kepada Bunda. Anak akan mengerjakan tugas hanya jika diingatkan dan tidak memiliki inisiatif.

7. Berikan pujian untuk Si Kecil

Lebih mudah memberi perhatian pada anak-anak saat mereka melanggar aturan atau tidak menjalankan tugas. Namun, perhatian akan perilaku negatif justru membuat Si Kecil merasa tertekan.

Sebaliknya, beri perhatian pada hal-hal positif yang dilakukan anak. Jangan lupa untuk memberikan pujian jika ia telah melakukan sesuatu yang baik.

Bunda bisa mengatakan 'Kerja bagus!' dan tunjukkan rasa bangga kepada Si Kecil. Semoga tips ini bermanfaat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini