TERASBANDUNG.COM - Tahukah Anda, ada segudang manfaat dari tawas yang dipercaya sebagai alternatif mengatasi masalah kulit.

Tawas memang suka dipakai sebagai bahan yang bermanfaat sebagai deodoran alami ketiak, selain itu tawas juga bukan cuma bahan yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti menjernihkan air.

Bentuk padat dan bubuk dari tawas juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan dan juga kesehatan yang belum diketahui.

Keamanan tawas sebagai produk kecantikan memang masih dipertanyakan. Tapi, menurut peneliti dan ahli kimia Anne Marie Helmenstine, Ph.D., tawas aman kok digunakan, asalkan dalam jumlah kecil.

Baca Juga : Kini Hadir Layanan Wifi Gratis di Braga Kota Bandung

Selain sebagai deodoran alami, tawas memiliki banyak fungsi terutama untuk kecantikan. Berikut fungsi tawas seperti dirangkum Beritabaik.id dari berbagai sumber.

Simak manfaat tawas untuk kecantikan berikut:

1. Mengatasi sariawan dan bau mulut

Kandungan antibakteri pada tawas bisa mencegah tumbuhnya bakteri pada mulut. Bakteri merupakan sumber bau mulut yang menghasilkan racun dan asam.

Tawas juga dapat mengatasi penumpukan bakteri di mulut yang sering kali menghasilkan sariawan dan bau mulut. Selain itu, tawas juga dapat mengobati infeksi jamur Candida albicans dan Candida tropicalis pada gigi.

Untuk memakai sebagai obat kumur, rebuslah air dengan sedikit garam dalam panci sampai mendidih. Kemudian, tuangkan bubuk tawas dan aduk sampai larut. Gunakan larutan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil yang efektif.

2. Atasi Bau Badan

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari tawas adalah dapat mengatasi bau badan terutama pada ketiak. Kamu bisa mencampurkan bubuk tawas bersama dengan sedikit mur atau bubuk kayu damar.

Gunakan bubuk tersebut sebagai bedak tabur ke ketiak atau seluruh tubuh dan gunakan setiap dua hari sekali.

3. Menghentikan Pendarahan dan Luka

Tawas dapat menghentikan pendarahan dan luka karena merupakan agen hemostatik yang efektif dalam mengontrol perdarahan jaringan parenkim hati.

Kamu bisa menaburkan bubuk tawas pada bagian luka yang berdarah. Namun jika pendarahan cukup parah, segera lakukan perawatan medis profesional.

4. Atasi Tumit Pecah

Manfaat tawas pada kulit lainnya, yaitu dapat mengatasi tumit pecah atau kering. Kamu cukup memanaskan tawas dalam wadah kosong hingga mencair dan mengeluarkan busa.

Setelah semua air menguap, matikan api dan biarkan ampasnya dingin. Setelah itu, tumbuk ampas tawas hingga halus dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada tumit yang pecah-pecah secara rutin.

5. Obati Kutu Air

Tawas dapat mengobati kutu air berkat sifat astringentnya yang dapat mengempeskan dan mengeringkan permukaan kulit yang terkena kutu air.

Larutkan 2 sampai 3 sendok makan bubuk tawas ke dalam air hangat dan rendam kaki di dalam larutan tersebut selama 20 menit, lalu keringkan kaki hingga dengan handuk bersih. Lakukan cara ini secara teratur hingga kutu air hilang.

Baca Juga : Mau Liburan Glamping, Perhatikan 6 Persiapan Wajib ini Agar Liburan Lebih Maksimal

6. Mengatasi Keriput

Selain mengobati kutu air, kandungan astringent dalam tawas juga bermanfaat untuk mengatasi keriput pada kulit.

Setelah cuci muka, basahi tawas dalam air dingin dan aplikasikan secara merata di kulit, lalu biarkan hingga kering. Bilas dengan air bersih sambil menggosok pasta tawas dengan lembut.

7. Obat Cukur

Tidak sedikit orang yang sering mengalami kemerahan atau iritasi pada saat mencukur. Tak perlu khawatir karena hal ini bisa kamu obati dengan menggunakan tawas.

Setelah bercukur, gosokkan sedikit tawas pada wajah yang basah selama beberapa detik. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

8. Perontok Bulu

Tawas sudah lama digunakan sebagai perontok atau penghilang bulu. Caranya adalah dengan campurkan bubuk tawas dengan air mawar dengan perbandingan 1:2.

Cukur bulu yang tidak diinginkan dan oleskan campuran tawas ke bagian tubuh bekas cukuran. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan secara menyeluruh dan tepuk-tepuk hingga kering.

Baca Juga : 14 Layanan Publik Hadir di CFD Dago, Mulai dari Pelayanan SIM hingga Ketenagakerjaan

9. Obat Bintitan

Manfaat tawas lainnya adalah untuk mengatasi abses mata atau bintitan. Kandungan tawas dapat menghilangkan bakteri dan virus yang menyebabkan iritasi pada mata.

Gosok tawas pada batu cendana bersama sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada bagian mata yang iritasi. Lakukan cara ini secara rutin hingga bintitan pada mata hilang.

10. Mencerahkan Miss V

Banyak orang yang mempercayai manfaat tawas untuk miss V adalah dapat mencerahkan atau mengurangi kehitaman di sekitar area kewanitaan.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan manfaat tawas untuk miss V. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya cara ini tidak digunakan.***