Deretan Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, Bagus Dikonsumsi Anak dan Dewasa

Deretan Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, Bagus Dikonsumsi Anak dan Dewasa Ilustrasi minyak ikan yang bagus dikonsumsi anak dan dewasa. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Kita tidak asing dengan iklan suplemen minyak ikan yang sering muncul di televisi. Tak hanya berkhasiat untuk pertumbuhan anak, manfaat minyak ikan juga bisa untuk orang dewasa.

Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari jaringan ikan dan terkadang diproduksi dari bagian hati ikan. Minyak ikan umumnya berasal dari jenis ikan tinggi lemak, seperti herring, makarel, tuna, teri, atau hati ikan kod.

Sekitar 30% kandungan minyak ikan terdiri dari asam lemak omega-3 dan 70% terdiri dari jenis lemak lain. Selain itu, minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin D.

Jenis omega-3 dalam minyak ikan adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang memiliki manfaat kesehatan lebih besar dibandingkan jenis omega-3 dari tumbuhan yaitu alpha-linolenic acid (ALA).

Baca Juga: Begini Cara VCS atau Video Call Sex yang Aman Tapi Tetap Menyenangkan dengan Pasangan

Manfaat minyak ikan berasal dari kandungan omega-3 yang tinggi di dalamnya. Tak hanya bagi bayi dan anak-anak, minyak ikan juga bermanfaat bagi orang dewasa, bahkan orang yang lebih tua.

Dilansir ddari sehatq, berikut ini berbagai manfaat minyak ikan untuk kesehatan.

1. Menyehatkan kulit

Perempuan dengan kulit sehat karena menerima manfaat minyak ikan

Manfaat minyak ikan bisa menyehatkan kulit

Kulit adalah organ manusia yang terbesar dan tentunya perlu untuk dijaga. Kesehatan kulit bisa menurun seiring bertambahnya usia atau terlalu banyak paparan sinar matahari dan radikal bebas. Untuk menjaganya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi minyak ikan.

Baca Juga: Cara Nonton TV di HP dengan Mudah dan Praktis Melalui Aplikasi Gratis

Manfaat minyak ikan untuk kulit sangat beragam karena dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, dan dermatitis. Selain itu, minyak ikan juga berpotensi melindungi Anda dari risiko kanker kulit.

2. Membantu penurunan berat badan

Berat badan yang normal tidak hanya memberikan bentuk tubuh yang ideal, tetapi juga menghindarkan Anda dari berbagai risiko penyakit.

Kombinasi konsumsi minyak ikan dan olahraga diketahui dapat mengurangi kadar lemak tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat minyak ikan yang sering digembar-gemborkan adalah khasiatnya dalam menjaga kesehatan tulang. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan disebut mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah penyakit maupun keretakan tulang.

4. Melindungi jantung

Jantung sehat bisa didapatkan sebagai manfaat minyak ikan

Minyak ikan menyehatkan jantung karena akan menurukan kolesterol

Manfaat minyak ikan dalam menjaga kesehatan jantung bekerja dengan beberapa cara, seperti mengurangi kadar lemak trigliserida yang berlebih, meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan risiko stroke dan gagal jantung

5. Mengurangi peradangan

Manfaat minyak ikan untuk peradangan didapatkan dari sifat anti-inflamasi atau antiperadangan yang dimilikinya. Minyak ikan mampu menurunkan senyawa sitokin yang merupakan penyebab peradangan pada orang yang obesitas dan stres.

Tak hanya itu, manfaat minyak ikan sebagai antiradang juga berpotensi mengurangi nyeri dan kekakuan di persendian pada penderita radang sendi.

6. Membantu menjaga kesehatan mental

Minyak ikan diketahui mampu memperlambat dan mencegah perkembangan gangguan psikotik. Minyak ini juga dianggap dapat membantu meringankan gejala gangguan psikologis bipolar pada remaja. Selain itu, manfaat minyak ikan terhadap kesehatan mental lainnya adalah meringankan gejala depresi dan cemas.

7. Menurunkan kadar lemak di hati

Organ hati berfungsi untuk mengolah lemak yang masuk ke dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di organ hati berpotensi untuk memicu penyakit hati. Anda dapat mencegahnya dengan konsumsi minyak ikan yang mampu memberikan efek menurunkan kadar trigliserida.

8. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat minyak ikan yang terkenal lainnya adalah meningkatkan fungsi otak. Tak heran jika semasa kecil Anda disuruh orang tua untuk rutin mengonsumsi minyak ikan agar juara satu di kelas.

Sebenarnya, manfaat minyak ikan untuk meningkatkan fungsi otak masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, sudah ada riset yang menunjukkan bahwa minyak ikan ampuh untuk mencegah penurunan fungsi kognitif.

9. Menjaga kesehatan mata

Fungsi minyak ikan tidak terbatas pada otak, tetapi juga dapat mengurangi risiko terkena gangguan mata.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi minyak ikan selama empat setengah bulan dapat meningkatkan penglihatan pada kaum lansia yang mengalami gangguan mata di hari tua. Namun, riset lebih lanjut masih diperlukan.

10. Baik untuk masa kehamilan dan menyusui

Senyawa omega-3 dalam minyak ikan berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Calon ibu yang mengonsumsi minyak ikan cenderung akan memiliki anak dengan koordinasi tangan dan mata yang baik.

Konsumsi suplemen minyak ikan saat hamil dan menyusui juga membantu meningkatkan perkembangan visual alias kemampuan melihat bayi.

Namun, masih banyak manfaat minyak ikan terhadap kehamilan yang perlu untuk ditelaah lebih lanjut.

11. Mengatasi ADHD

Manfaat minyak ikan untuk anak yang perlu diketahui adalah dinilai bisa membantu mengatasi gangguan perilaku ADHD.

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas adalah gangguan perilaku yang ditandai dengan kesulitan untuk fokus dan hiperaktivitas. Kondisi ini bisa dialami orang di semua usia namun umumnya terjadi pada anak-anak.

12. Mengurangi gejala asma

Alergi dan asma adalah dua jenis gangguan yang sering ditemukan pada anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini bisa ditandai dengan gejala sesak napas akibat pembengkakan atau peradangan pada saluran napas.

Apabila Anda mengalami asma, Anda bisa mempertimbangkan mengonsumsi minyak ikan untuk membantu mengurangi gejala asma.

13. Mencegah alergi pada bayi

Manfaat minyak ikan juga bisa disalurkan dari ibu ke janin dalam kandungan. Menurut sebuah riset, suplemen minyak ikan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dipercaya dapat mencegah risiko alergi pada bayi saat ia dilahirkan ke dunia.

14. Mengurangi gejala kram saat menstruasi

Manfaat minyak ikan yang satu ini bisa didapatkan oleh perempuan yang kerap mengalami dismenore atau kram yang timbul saat menstruasi.

Konsumsi minyak ikan diketahui dapat membantu mengurangi gejala nyeri akibat kram saat haid dan menurunkan kebutuhan akan obat nyeri selama menstruasi. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal jika membarenginya dengan konsumsi vitamin B12 atau vitamin E.***

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini