Nyamuk Lebih Suka Menggigit Orang Berbaju Hitam, Benarkah? Ini Dia Faktanya

Nyamuk Lebih Suka Menggigit Orang Berbaju Hitam, Benarkah? Ini Dia Faktanya Nyamuk menempel di kulit. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Benarkah warna hitam pada pakaian bisa mengundang nyamuk datang, dan apakah nyamuk lebih suka menggigit orang berbaju hitam?

Salah satu penelitian dari seorang profesor bidang medical entomological dari University of Florida, Jonathan Day, menyebutkan bahwa 20 persen orang memakai bau hitam menjadi sasaran yang disukai nyamuk.

Senada dengan penelitian tersebut, sumber lain dari Live Science menyatakan bahwa nyamuk tertarik pada warna gelap karena bisa menyerap panas.

Baca Juga : 5 Manfaat Mengejutkan dari Tidur Nyenyak

Hal ini berhubungan dengan nyamuk yang memiliki sensor sensitif dengan panas. Sehingga nyamuk akan mendekati manusia yang menggunakan pakaian gelap yang menyimpan panas.

Jika dibandingkan dengan pakaian yang berwarna lebih terang, lantas apakah warna lebih terang bisa terhindar dari nyamuk?

Sayangnya hal tersebut tidak mengusir nyamuk, hanya saja lebih menyamarkan keberadaan Anda. Karenanya disarankan memilih warna yang lebih lembut seperti pastel, krem, atau bahkan putih demi menghindari gigitan nyamuk.

Baca Juga : 5 Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesahatan, Berikut Cara Membuatnya

"Pakaian berwarna terang lebih sulit bagi nyamuk untuk membidik, tetapi warna-warna ini tidak akan menghentikan nyamuk menggigit begitu mereka melihat Anda," kata musquitonix.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini