Cara Menggoreng Ikan Lele Agar Tidak Bengkok dan Meletup

Cara Menggoreng Ikan Lele Agar Tidak Bengkok dan Meletup

TERASBANDUNG.COM - Ikan lele punya cita rasa yang lezat, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menyukai hidangan ikan air tawar ini.

Karena iklan lele bisa diolah menjadi beragam masakan menggugah selera, baik dengan cara digoreng, dibakar, atau diolah dengan bahan rempah sesuai selera Anda.

Ikan lele juga menjadi sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Manfaat ikan lele untuk kesehatan tak kalah dengan jenis ikan lainnya, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Hal ini berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein dan omega-3.

Baca Juga : Kenapa Minum Teh Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan, Berikut Ini 3 Alasannya

Namun, salah satu masalah dalam mengolah ikan lele apalagi saat menggorengnya menjadi bengkok dan minyak untuk menggoreng meletup-letup.

Perlu diketahui, menggoreng ikan lele sebenarnya bukan perkara sulit. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat kita ingin menggoreng ikan lele yang lurus atau tidak bengkok dan minyaknya pun tidak meletup-letup.

Simak berikut ini cara menggoreng ikan lele seperti dikutip dari Fimela.com.

Pilih ikan lele yang masih segar. Bersihkan ikan lele dengan baik dan buang isi dalam perutnya. Cuci bersih hingga bagian kulit lele tak lagi selicin sebelum dibersihkan atau dicuci.

Marinasi ikan lele dengan bumbu berupa garam, kunyit, ketumbar, bawang putih dan penyedap masakan. Marinasi ikan lele kira-kira sekitar 15 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Taburi ikan lele yang telah dimarinasi dengan tepung beras kering. Taburi samar-samar hingga menutup semua bagian tubuh ikan.

Tusuk ikan lele dengan tusuk sate di dalamnya. Masukkan tusuk sate ke dalam mulut ikan lele hingga bagian perut atau ekor. Ini membantu ikan tetap lurus saat digoreng.

Siapkan wajan yang telah diisi dengan minyak banyak, masukkan ikan lele yang telah ditaburi tepung kering ke dalam minyak. Goreng dengan api sedang.

Baca Juga : Healing di Rumah Diprediksi akan Jadi Tren di Masa Depan, Kok Bisa?

Balik ikan saat bagian bawah ikan matang. Hindari membolak-balik ikan terlalu sering karena ini rentang membuat ikan hancur dan lengket.

Angkat ikan lele yang telah matang, tunggu hingga agak dingin. Lepas tusuk sate di dalam mulut tubuh ikan.

Sajikan ikan lele bersama sambal dan sayur lalapan berupa mentimun, daun kemangi atau selada.

Tips menggoreng ikan lele yang cukup mudah bukan? Selamat mencoba tips ini dan sajikan sajian terbaik untuk keluarga di rumah.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini