Kurangi Makanan Ini dan Tips Mencegah Kentut Berlebihan

Kurangi Makanan Ini dan Tips Mencegah Kentut Berlebihan Ilustrasi menahan kentut berlebihan. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Terlalu sering kentut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Namun tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi frekuensi kentut.

Hal terbaik yang bisa dilakukan ketika merasa ingin kentut yaitu sesederhana dengan mengeluarkannya.

Mungkin kentut kamu akan terdengar berisik atau bahkan berbau tak sedap, tetapi itu adalah salah satu fungsi tubuh yang harus dinormalisasi.

Baca Juga: Makan Petai Bisa Tingkatkan Risiko Asam Urat Tapi Ada Manfaatnya, Ini Penjelasan Menurut Medis

Menghindari kentut berlebihan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan beragam. Makanan yang dikonsumsi dalam jumlah besar berpotensi untuk menghasilkan gas yang terlalu banyak.

Maka sebaiknya mengonsumsi makanan dengan porsi normal, selain itu, bisa membatasi beberapa jenis makanan berikut ini untuk mengurangi kentut yang berlebihan.

1. Susu.

2. Buah-buahan, seperti apel, aprikot, dan pir.

3. Makanan tinggi serat seperti biji-bijijan. Seperti kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang merah.

4. Wortel, kubis, terong, brokoli, dan kembang kol.

Baca Juga: 15 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan dari Menyehatkan Jantung Hingga Mencegah Diabetes

Kentut tidak bisa dihilangkan, namun jika kamu ingin mengurangi jumlah kentut yang dihasilkan tubuh bisa mencoba beberapa hal berikut ini seperti dilansir dari halodoc.

1. Menghindari Pemicunya

Langkah pertama untuk mengurangi gas adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Menghindari makanan penyebab gas selama beberapa minggu mungkin bisa membantu. Kamu bisa mulai dengan menghilangkan bawang putih, apel, mangga, plum, kembang kol, dan sebagian besar produk yang mengandung gluten.

2. Hindari Rokok dan Permen Karet

Kebiasaan yang mengharuskan kamu membuka mulut berulang kali, seperti mengunyah permen karet dan merokok dapat menyebabkan masuknya udara yang berujung pada peningkatan gas. Semakin banyak gas yang masuk ke tubuh, semakin sering pula kamu akan membuangnya.

3. Makan dengan Porsi Kecil

Makanan besar dan berat dapat menyebabkan peningkatan jumlah gas yang dibuat pada satu waktu. Jadi, kamu bisa makan dengan porsi kecil sepanjang hari untuk mengurangi produksi gas yang dihasilkan oleh tubuh.

4. Jalan Kaki Setelah Makan

Olahraga dapat membantu mempercepat kerja pencernaan dan menjaga prosesnya tetap optimal. Berjalan-jalan setelah makan malam dapat membantu mengurangi gas dan kembung, sekaligus memberi kesempatan untuk melepaskannya secara diam-diam di luar ruangan.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini