Sederet Manfaat Kulit Petai, Terakhir Bikin Ibu Rumah Tangga Bahagia

Sederet Manfaat Kulit Petai, Terakhir Bikin Ibu Rumah Tangga Bahagia Petai walau bau namun ada manfaatnya untuk kesehatan. (net)

TERASBANDUNG.COM - Petai sudah banyak dimanfaatkan terutama untuk masakan. Katanya, rasa petai ini memang sangat nikmat meski terkadang meninggalkan aroma yang kurang sedap pada mulut.

Namun tak hanya isinya, kulit petai pun ternyata bisa dimanfaatkan baik untuk kesehatan maupun hal lain.

Air rebusan dari tanaman yang memiliki nama latin Parkia speciosa ini dipercaya berkhasiat sebagai obat alami asam urat.

Ini disebabkan karena kandungan senyawa tanin pada kulit petai yang membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Memang, khasiat kulit petai sebagai obat asam urat ini masih perlu studi lebih lanjut.

Baca Juga: Makan Petai Bisa Tingkatkan Risiko Asam Urat Tapi Ada Manfaatnya, Ini Penjelasan Menurut Medis

Disarikan dari berbagai sumber, selain sebagai obat alami untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, berikut ini beberapa manfaat lain dari kulit petai.

1. Salah Satu Sumber Antioksidan

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan sangat baik untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Potensi antioksidan ini salah satunya ditemukan pada kulit petai.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Dunia Gizi menyebutkan, ditemukan adanya aktivitas senyawa antioksidan, flavonoid, dan fenol yang tinggi dalam kulit petai.

Studi tersebut juga menuliskan bahwa senyawa antioksidan yang terdapat dari kulit petai dapat dimanfaatkan sebagai bahan nutraceutical dan sumber senyawa bioaktif potensial yang cukup penting untuk mengatasi berbagai penyakit.

Baca Juga: 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui dan Sayang untuk Dilewatkan

2. Meringankan Bekas Gigitan Serangga

Gigitan nyamuk atau serangga lain terkadang meninggalkan bekas yang membuat kulit menjadi tidak nyaman, cobalah gunakan kulit petai terlebih dahulu.

Caranya, melakukan pijat ringan pada area kulit yang terdapat bekas gigitan serangga dengan menggunakan bagian dalam kulit petai. Efeknya bisa berbeda pada masing-masing orang. Tetapi beberapa mengaku bahwa kulit petai membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul karena bekas gigitan.

3. Membuat Minyak Goreng Lebih Jernih

Ternyata, antioksidan yang terkandung dalam kulit petai juga bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng lebih jernih. J

ika sudah digunakan hingga beberapa kali, biasanya minyak goreng akan berubah warna menjadi lebih keruh. Sudah pasti, ini akan berpengaruh pada makanan yang diolah.

Kulit petai bisa membantu menjernihkan kembali minyak goreng setelah dilakukan ekstraksi dengan menggunakan pelarut etanol sehingga bisa membuat ibu rumah tangga bahagia karena bisa mengirit anggaran belanja.

Hal lainnya antioksidan yang terkandung di kulit petai juga menjadi kandungan yang baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Terlebih dengan adanya kandungan asam fenolik yang memiliki manfaat serupa. Cara menggunakannya cukup mudah dengan direbus dan mengonsumsi air rebusannya.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini