6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui dan Sayang untuk Dilewatkan

6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui dan Sayang untuk Dilewatkan Bawang dayak. (halodoc)

TERASBANDUNG.COM - Bawang dayak secara tradisional telah lama digunakan oleh suku Dayak di Pulau Kalimantan.

Tanaman ini mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, namu seiring berjalannya waktu, khasiat bawang dayak pun semakin bertambah.

Hingga saat ini, bawang dayak telah dimanfaat oleh masyarakat suku Dayak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes hingga stroke.

Bagian utama bawang dayak yang banyak dimanfaatkan adalah umbinya yang berwarna merah.

Baca Juga: 15 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan dari Menyehatkan Jantung Hingga Mencegah Diabetes

Bawang dayak yang memiliki nama ilmiah Eleutherine bulbosa merupakan salah satu yang tumbuh di seluruh hutan di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat.

Meskipun berasal dari Indonesia, tapi khasiat bawang dayak belum banyak dikenal oleh seluruh masyarakat.

Dilansir dari halodoc, berikut beberapa manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat bawang dayak dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab bawang ini mengandung senyawa alisin yang bisa menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 5 Ancaman Akibat Kurang Tidur Bagi Tubuh yang Harus Diketahui

2. Mencegah infeksi bakteri

Bawang dayak memiliki sifat antibakteri yang baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol bawang dayak dapat melawan bakteri patogen bernama Staphylococcus aureus yang dapat mengakibatkan berbagai infeksi. Misalnya infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

3. Mencegah diabetes

Kemudian, bawang dayak juga berkhasiat untuk mencegah penyakit diabetes. Kandungan eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B pada bawang dayak memiliki sifat antidiabetes. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit diabetes.

4. Melawan radikal bebas

Bawang dayang mengandung triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi bawang dayak, maka tubuh dapat melawan paparan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh. Risiko masalah kesehatan seperti penuaan dini, kanker, dan demensia juga dapat menurun.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Khasiat bawang dayak selanjutnya yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol pada bawang dayak dapat meningkatkan kepadatan dan bobot tulang. Dengan mengonsumsinya, risiko penyakit tulang, seperti osteoporosisdapat dicegah.

6. Mempertahankan kadar kolesterol normal

Kandungan eleutherinol dalam bawang dayak pasalnya mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL “jahat” di dalam darah. Dengan mengonsumsi bawang dayak, maka dapat mempertahankan kolesterol dalam kadar normal. Selain itu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi. Contohnya penyumbatan arteri, serangan jantung, dan stroke.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini