Kompetisi Liga 1 Belum Jelas, Persib Tetap Gelar Latihan dan Agendakan Uji Tanding Besok

Kompetisi Liga 1 Belum Jelas, Persib Tetap Gelar Latihan dan Agendakan Uji Tanding Besok Luis Milla memimpin latihan Persib di Lapangan Sidolig, Bandung, Kamis 1 September 2022. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

TERASBANDUNG.COM - Di tengah ketidak pastian kompetisi Liga 1 musim ini, Persib mengagendakan menggelar uji tanding pada akhir pekan ini.

Skuad Persib saat ini sudah kembali menjalani latihan bersama sejak Senin 31 Oktober lalu, intensitas latihan Persib pun meningkat di keesokan harinya di Lapangan Sidolig, Kota Bandung.

Pelatih fisik Persib Yaya Sunarya mengatakan, uji tanding merupakan program yang sudah dijadwalkan oleh pelatih Luis Milla di akhir pekan.

Yaya menjelaskan, lawan yang dihadapi Persib pada uji tanding ini bisa siapa saja, mulai dari rekan satu tim atau gim internal hingga lawan satu level.

Untuk uji tandang pekan ini, Persib masih mencari lawan. Apabila tidak mendapatkan lawan, maka tim pelatih memutuskan menggelar gim internal.

Baca Juga : KLB PSSI Digelar Januari 2023, Nasib Liga 1 Terancam Vakum Sangat Lama

"Di akhir pekan itu ada uji tanding. Kita masih mencari tim yang akan beruji tanding termasuk untuk di hari Sabtu ini. Kalaupun misalnya nanti tidak ada kemungkinan akan dilakukan game internal," kata Yaya Sunarya.

Sejauh ini, sejak ditanggani Luis Mlla, Persib memang belum melakukan laga uji coba dengan tim luar. Persib lebih sering melakukan uji tanding dengan Persib U-20 atau menggelar gim internal.

Sebelumnya Persib dijadwalkan akan melakukan latihan tanding dengan tim asal Jerman, Borussia Dortmund pada 27 November 2022 mendatang, namun agenda itu batal.

Sejumlah laga uji coba menjadi pilihan Persib untuk mengisi masa penantian kelanjutan kompetisi Liga 1 musim ini yang rencananya digelar akhir November ini.

Yaya Sunarya menjelaskan, sejauh ini Persib sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah tim-tim untuk menjadi lawan Persib di akhir pekan nanti.

Baca Juga : Bos Persib Tegaskan Klb Dan Liga Itu Berbeda, Harus Dipisahkan!

Hanya saja meski sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah tim, Persib belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut.

"Rencananya coach Milla memberikan program dalam setiap minggunya, dia akhir pekan itu ada uji coba. Kita masih mencari tim yang akan beruji coba termasuk untuk di hari Sabtu ini. Kalaupun misalnya nanti tidak ada kemungkinan akan dilakukan game internal, itu paling sementara ya. Kemungkinan di minggu depan masih ada dua tim yang perlu kita konfirmasi," jelas Yaya.

Dikatakan Yaya, Persib sudah menghubungi sejumlah tim Liga 2. Hanya saja laga uji coba Persib itu tak akan berhadapan dengan Persikab karena belum melakukan latihan.

Lebih lanjut, Yaya Sunarya menjelaskan program uji tanding di akhir pekan memberikan banyak dampak positif untuk tim Persib. Secara ringkasnya, uji coba tersebut merupakan penutup sesi latihan di pekan tersebut.

Ada beberapa hal yang nantinya dinilai tim pelatih dalam laga uji coba tersebut. Sehingga uji coba tersebut menjadi ujian sesungguhnya tim Maung Bandung usai melakukan sesi latihan di pekan tersebut.

Baca Juga : Pemain Persib Butuh Kepastian Masa Depan Liga 1, Marc Klok Hingga Beckham Curahkan Keresahannya

"Pertama dari program latihan yang dibuat dalam lima kali pertemuan lalu diakhiri dengan game. itu bisa menunjukan bagaimana pemain menyerap apa program latihan yang diberikan setiap harinya. Karena setiap latihan di tiap sesinya ada target yang disampaikan kepada pemain."

"Lalu di game itu kita bisa melihat perkembangan kondisi fisik pemain. Dari situ kita juga dapat feeling atau intuisi dari pemain ketika menghadapi tim lawan yang berbeda, bukan menghadapi tim sendiri. Tentunya itu menjadi bahan dan perbandingan dari progres kita supaya bisa lebih baik lagi," jelas Yaya Sunarya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini