Lampu Merah Terlama di Indonesia Ternyata Ada di Bandung, Bikin Bengong di Motor, Apalagi Saat Cuaca Panas!

Lampu Merah Terlama di Indonesia Ternyata Ada di Bandung, Bikin Bengong di Motor, Apalagi Saat Cuaca Panas! Perempatan Kiaracondong (via Google Maps)

TERASBANDUNG.COM - Warga Bandung dan sekitarnya pasti tidak asing dengan stopan atau lampu merah Kiaracondong yang berada di jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Lampu lalu lintas ini dinobatkan sebagai lampu merah terlama di Indonesia. Tempatnya ada di perempatan jalan Kiaracondong Soekarno Hatta, lampu merah yang dipasang di lokasi tersebut rupanya berdurasi hingga 720 detik atau 12 menit.

Atas durasi tersebut, lampu lalu lintas ini pun dinobatkan sebagai lampu merah terlama di Indonesia.

Persimpangan lampu merah ini menghubungkan antara Jalan Ibrahim Adjie menuju Kiaracondong, dan Jalan Ibrahim Adjie menuju Pasar Kordon, Ciwastra.

Baca Juga : Luis Milla Tak Sabar Hadapi Putaran 2 Liga 1, Ini Alasannya

Banyak pengendara di luar kota kaget, ketika mereka melewati lampu merah Kiaracondong, Soekarno-Hatta, Sebab lampu merah yang mereka lewati itu waktu berhentinya cukup lama, hingga 12 menit.

Sedangkan ketika lampu hijau hanya diberi waktu 2-3 menit, tergantung volume kendaraan yang melintas.

Sangat terasa ketika cuaca panas, menunggu di persiapangan tersebut akan sangat terasa meyiksa.

Saking lamanya, tak sedikit pedagang atau pun pengamen memanfaatkannya untuk mengais rezeki.

Bahkan ada sebagian pengendara yang menurunkan standart samping motornya sambil main Hp untuk mengusir rasa jenuh.

Kisah setopan atau lampu merah Soekarno-Hatta dan Kiaracondong, Bandung memang sudah menjadi cerita lama. Meski begitu, kisahnya selalu lucu untuk didengar. Berbagai sindiran pun banyak bermunculan terkait lampu merah itu.

Baca Juga : Tarif Parkir di Kota Bandung Naik, Ini Daftar Harganya, Awas Kehilangan Karcis Parkir Bisa Didenda Rp100 Ribu

Ada yang bilang setopan tersebut telah merenggut masa muda para penggunanya. Bahkan saking lamanya, ada juga yang mengatakan bahwa penyusunan skripsi bisa selasai saat menunggu lampu hijau di sana.

Meski kadang hiperbola, tetapi memang persimpangan jalan itu cukup mengesalkan.

Lamanya lampu merah berubah jadi hijau di setopan itu ternyata sudah terjadi bertahun-tahun bahkan ketika kendaraan bermotor tidak sebanyak sekarang. Hanya, yang membedakan adalah ekor kemacetannya.

Setelah Bandung, ternyata ada juga daerah lainnya yang masuk daftar lampu merah terlama di Indonesia.

Yakni, lampu merah Pingit di Yogyakarta.

Lampu merah di Pingit Yogyakarta ini memiliki durasi 2 menit 56 detik. Sementara untuk durasi lampu hijau itu sekira 50 detik saja.

Baca Juga : RESMI! Persib Vs Persija Digelar di Stadion GBLA 11 Januari 2023, Bisa Ditonton Bobotoh, Ini Info Tiketnya

Lalu lampu merah Margorejo Surabaya.

Daftar lampu merah terlama di Indonesia terletak di simpang Margorejo. Biasanya di jalan ini pengendara harus menunggu lampu merah selama 300 detik atau sekira 5 menit.

Selanjutnya lampu merah Kalibanteng Semarang. Lampu merah di Kalibanteng Semarang ini biasanya berdurasi 300 detik.

Pengendara harus menunggu sekitar 5 menit di simpang Kalibanteng, Semarang ini karena ada enam jalan yang bertemu di titik tersebut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini