3 Manfaat Liburan Bersama Keluarga di Akhir Pekan

3 Manfaat Liburan Bersama Keluarga di Akhir Pekan Manfaat Liburan Bersama Keluarga. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan meluangkan waktu untuk keluarga.

Manfaat melakukan kegiatan bersama keluarga bukan hanya bisa dirasakan oleh Anda, tapi juga seluruh anggota keluarga.

Bahkan, dengan memanfaatkan momen ini, kebahagiaan keluarga bisa semakin meningkat.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga seperti disadur melalui laman HSBC.

Baca Juga : Oza Feby Mulyani Peraih Dua Perak SEA Games 2023 dari Kota Bandung yang Sempat Dicoret

1. Melepas Stres

Setumpuk pekerjaan terkadang akan membuat Anda merasa tertekan atau stres. Untuk menghilangkan perasaan tersebut, family time menjadi salah satu solusi.

Dengan berkumpul bersama keluarga, Anda bisa memiliki momen menyenangkan sehingga hormon kebahagiaan meningkat dan mengalahkan rasa penat akibat pekerjaan.

Selain itu, aktivitas ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kebahagiaan, dan hal positif lainnya.

2. Memberikan Nilai-nilai Baik untuk Anak-anak

Sebagai orangtua, Anda dapat memberikan nilai-nilai baik pada anak. Mereka memiliki kecenderungan untuk menilai orangtua sekaligus menjadikannya sebagai panutan.

Artinya, anak-anak akan meniru cara bicara maupun perilaku Anda sebagai orangtua. Bila ingin memberikan contoh yang baik pada anak, maka bersikaplah baik pada mereka dan luangkan waktu berkumpul bersama keluarga.

Manfaatkan waktu tersebut untuk mengajarkan anak-anak hal yang positif seperti mengajarkan sopan santun, etika, perilaku hingga cara bicara.

Baca Juga : Tips Mencari Hewan Kurban, Mulai dari Usia Hingga Tempat Berjualan

3. Memperkuat Ikatan Keluarga

Kebahagiaan keluarga bisa diraih dengan meningkatkan kedekatan dan ikatan bersama mereka. Hal ini bisa Anda dapatkan melalui family time.

Bukan hanya memperkuat ikatan keluarga, menghabiskan waktu bersama juga akan meningkatkan hubungan yang harmonis.

Bila pekerjaan menyita waktu Anda, maka manfaatkanlah waktu berkumpul bersama untuk memperkuat ikatan keluarga agar tetap menjadi keluarga yang harmonis dan bahagia.

Ada banyak manfaat lain menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Dikelilingi orang-orang tercinta, akan membantu menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda agar lebih sehat.

Maka penting untik menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Jadi, sudah punya rencana kemana liburan akhir pekan ini?***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini