7 Buah dan Sayuran Dengan Rasa Lezat, Dahsyat Manfaatnya untuk Kesehatan Mata

7 Buah dan Sayuran Dengan Rasa Lezat, Dahsyat Manfaatnya untuk Kesehatan Mata Ilustrasi, Jenis Sayuran Ini Bisa Bikin Kamu Sakit. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Menjaga kesehatan mata sangat penting, mengingat indra penglihatan berperan dan berguna dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Ada banyak cara untuk melindungi mata, terutama mengistirahatkannya dari berbagai kegiatan yang melibatkan alat elektronik.

Selain cara itu, memilih buah dan sayuran juga sangat baik untuk melindungi mata termasuk dari penyakit seperti katarak dan rabun.

Baca Juga : Kenapa Merayakan Ulang Tahun Dilarang Dalam Islam, Ini Dia 8 Alasannya

Berikut beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat melindungi kesehatan mata seperti disadur dari laman Kemkes RI.

1. Wortel

Wortel sudah kondang disebut sebagai sayuran penjaga kesehatan mata.

Kandungan Beta karoten, vitamin B6 dan C, kalsium, kalium, fosfor, dan serat yang terdapat dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang berperan penting dalam manjaga kesehatan mata kita.

Wortel juga berguna melepaskan radikal bebas yang berada dalam tubuh kita.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, brokoli mengandung nutrisi Zeaxanthin dan Lutein yang fungsinya adalah melindungi mata dari pancaran sinar UV.

Risiko terkena katarak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi brokoli.

Baca Juga : Daftar Terbaru Harga Hewan Qurban 2023 di Bandung

3. Bayam

Bukan hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, bayam juga mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein.

Di dalam bayam juga terkandung vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C yang berguna mencegah penyakit glaukoma.

Tomat Tomat kaya akan vitamin A, C dan lycopene, ketiga jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Tomat bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat jus agar terasa lebih nikmat.

4. Avokad

Jenis buah ini mengandung Lutein paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi dari Lutein adalah untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular.

Avokad juga berperan untuk menyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang membentuk Vitamin A agar bisa diserap tubuh dengan baik.

5. Pisang

Selain kandungan karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi, namun pisang juga memiliki peran penting bagi kesehatan mata.

Pisang adalah buah yang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C, yang mana Vitamin A dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Baca Juga : Tips Mencari Hewan Kurban, Mulai dari Usia Hingga Tempat Berjualan

6. Mangga

Buah mangga mengandung vitamin yang sangat tinggi di antaranya: Vitamin A, B1, C dan E. Vitamin A yang lumayan bagus dalam buah mangga ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang seringkali diabaikan oleh banyak orang.

Padahal untuk mendapatkan ubi jalar sangatlah mudah. Semangkuk ubi jalar sehari, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Itulah beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat melindungi kesehatan mata.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini