Kenapa Merayakan Ulang Tahun Dilarang Dalam Islam, Ini Dia 8 Alasannya

Kenapa Merayakan Ulang Tahun Dilarang Dalam Islam, Ini Dia 8 Alasannya Ilustrasi. Perayaan ulang tahun. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Banyak alim ulama berpendapat bahwa merayakan ulang tahun lebih banyak mudaratnya dibanding manfaatnya.

Disadari atau tidak, ada beberapa alasan kuat kenapa banyak alim ulama mengharamkan umat islam untuk merayakan ulang tahun.

Sebagaimana disadur dari laman Islam Kita, berikut ini alasan merayakan ulang tahun dilarang dalam Islam:

Baca Juga : Tips Mencari Hewan Kurban, Mulai dari Usia Hingga Tempat Berjualan

1. Merayakan ulang tahun termasuk bid’ah karena Nabi Muhammad tidak pernah melakukannya dan tidak pernah menyuruh umatnya untuk merayakan ulang tahunnya.

Oleh karena itu, hukum merayakan ulang tahun adalah haram dan bukan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat islam.

Perlu diketahui juga, bahwa orang yang membuat-buat ritual ibadah baru, bukan hanya tertolak amalannya, namun ia juga mendapat dosa, perhatikan hadits berikut ini:

أَنَا فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ ، لَيُرْفَعَنَّ إِلَىَّ رِجَالٌ مِنْكُمْ حَتَّى إِذَا أَهْوَيْتُ لأُنَاوِلَهُمُ اخْتُلِجُوا دُونِى فَأَقُولُ أَىْ رَبِّ أَصْحَابِى . يَقُولُ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ

Aku akan mendahului kalian di al haudh (telaga). Dinampakkan di hadapanku beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan (minuman) untuk mereka dari al haudh, mereka dijauhkan dariku. Aku lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, ini adalah umatku.’ Lalu Allah berfirman, ‘Engkau sebenarnya tidak mengetahui bid’ah yang mereka buat sesudahmu.’ (HR. Bukhari, No. 7049)

2. Ulang tahun adalah tradisi orang non muslim. Bahkan pada awalnya, tradisi ini untuk merayakan hari lahirnya firaun sebagai perwujudan dewa di Mesir.

3. Sebagai umat muslim tentunya kita tidak diwajibkan untuk mengikuti budaya dan tradisi yang tidak berasal dari tuntunan agama.

4. Merayakan ulang tahun tidak ada manfaatnya. Jika ada yang berdalih bahwa hari ulang tahun adalah waktu tepat untuk bersyukur dan saling berbagi ke sesama, hal ini sangat tidak tepat karena bersyukur dan bersedekah bisa dilakukan kapan saja, tidak harus dalam waktu tertentu.

Baca Juga : Viral! Tak Dibelikan Trail, Remaja Ini Ngamuk Rusak Motor Maticnya

5. Merayakan ulang tahun adalah perbuatan menghambur-hamburkan uang. Padahal ketika kita melaksanakannya, kita tidak mendapat balasan pahala apapun

6. Hari ulang tahun tidak punya dampak besar untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah Ta’ala, karena tidak ada nilai ibadah sedikitpun di dalamnya

7. Perayaan ulang tahun identik dengan perbuatan pamer dan pemborosan padahal ada hal lain yang bisa dilakukan dengan uang tersebut untuk yang lebih bermanfaat, seperti memberi makan orang miskin atau menyumbang masjid

8. Perayaan ulang tahun berlebihan membuat orang lain iri sehingga bisa membuat orang lain tidak bersyukur dengan keadaan dirinya sendiri.

Menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa umur panjang bagi seseorang muslim tidak selalu baik, kecuali kalau dihabiskan dalam menggapai keridhaan Allah dan ketaatan-Nya.

Sebaik-baik orang adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalannya. Sementara orang yang paling buruk adalah manusia yang panjang umurnya dan buruk amalannya.

Oleh karena itu, doa terbaik untuk orang yang dipanjangkan umurnya adalah dengan mendoakan supaya umurnya yang panjang bisa dimanfaatkan untuk tetap berada di jalan ketaatan kepada Allah Ta’ala.

Karena umur panjang yang disetai amalan buruk hanya akan menambah siksaan dan malapetaka di akhirat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini