5 Doa Hari Jumat yang Penuh Berkah Dibanding Hari-Hari Lain, Penuh Kebaikan untuk Keluarga

5 Doa Hari Jumat yang Penuh Berkah Dibanding Hari-Hari Lain, Penuh Kebaikan untuk Keluarga Ilustrasi orang berdoa. (Istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Banyak amalan yang bisa ditunaikan pada Hari Jumat. Hari yang disebut sebagai 'Sayyidul Ayyam' atau 'Rajanya Hari' itu menjadi hari yang sangat penting bagi umat Islam.

Dalam ajaran Islam, banyak peristiwa penting yang terjadi di hari Jumat. Misalnya saja, Allah SWT mengungkapkan hari kiamat akan terjadi di hari Jumat.

Nabi Adam as pun diciptakan oleh Allah SWT di hari Jumat. Bahkan Nabi Adam pun juga dimasukkan dan dikeluarkan dari surga pada hari yang sama.

Hari Jumat juga memiliki banyak keutamaan dibanding hari-hari lainnya. Maka dari itu setiap Muslim dianjurkan membaca doa Hari Jumat penuh berkah berikut ini.

Doa Hari Jumat penuh berkah ini dipanjatkan untuk memohon keberkahan hidup serta rezeki halal yang melimpah.

Islam sangat menganjurkan memperbanyak bacaan doa di hari Jumat. Kenapa? Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa hari Jumat dalam Islam memiliki gelar “sayyidul ayyam” atau tuan dari segenap hari.

Baca Juga : Siaga Kelistrikan, PLN Siap Sukseskan Rangkaian HUT ke-78 RI dengan Kualitas Listrik Terbaik

Menurut Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin dalam kitab Dar Al-Fikr, menjelaskan bahwa doa hari Jumat akan dikabulkan secara mutlak.

Buku berjudul Agar Hidup Selalu Berkah oleh Habib Syarief Muhammad Alaydrus, menyebutkan ada lima doa hari Jumat yang bisa mendatangkan berkah berlimpah seperti rezeki, kesejahteraan, serta keselamatan di dunia dan akhirat.

Pembacaan doa pada hari Jumat, bisa pagi hari, siang hari, sore hari seperti habis Ashar, hingga akhir tahun. Berikut ulasan lebih mendalam doa hari Jumat Arab dan artinya.

1. Memohon Keberkahan

اللَّهُمَّ لَكُمْ بَرَكَةُ الْجُمُعَةِ ضُهْرًا، وَالْبَسَّكُمْ مِنْ تَقْوَاهُ نُورًا، جُمْعَةٍ مُبَارَكَةٍ

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

Doa hari Jumat tersebut merupakan doa yang umum digunakan untuk mengharapkan berkah dan cahaya kesalehan dari Allah SWT pada hari Jumat. Permohonan tersebut mencakup harapan agar Allah memberikan berkah pada segala yang diucapkan dan dilakukan pada hari Jumat, serta mengenakan cahaya dari kebaikan dan ketakwaan yang diperoleh pada hari tersebut.

2. Kebaikan untuk Keluarga

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِي وَبَارِكْ لِأَهْلِي فِيَّ وَرْزُقْهُم مِّنِّي وَرْزُقْنِي مِنْهُمْ وَجَمَعْ بَيْنَنَا مَجَمَعًا فِي خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا مَفَرَّقًا فِي خَيْرٍ. بَارَكَ اللَّهُ لِكُلِّنَا فِي شَهِيبِهِ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ. اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ.

Allahumma barik li fi ahli wa barik li ahli fiyya warzuqhum minni warzuqni minhum wajma’bainana majama’ta fi khairin wa farriq bainana ma farraqta fi khairin. Barakallahu li kullin minna fi shahibihi. Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha min al-syaithan al-rajim.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkailah keluarga dalam diriku. Anugerahkan rezeki kepada mereka lantaran aku anugerahkanlah rezeki kepadaku lantaran mereka. Satukanlah kami selama engkau satukan dalam kebaikan, dan pisahkanlah kami selama Engkau memisahkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberkahi masing-masing dari kami dalam pergaulannya (suami istri). Ya Allah, sungguh aku memohon kepadamu kebaikan istriku dan kebaikan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Dan aku berlindung kepadamu dari keburukan istriku dan keburukan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Ya Allah, sunggu aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya dengan keagungan Zat-Mu dari setan yang terkutuk.”

Doa hari Jumat ini berisi permohonan kepada Allah untuk memberkahi keluarga kita dan memberkahi kita di dalam keluarga kita, memberikan rezeki kepada mereka dari kita dan kepada kita dari mereka, serta menjadikan pertemuan kita dalam kebaikan dan pemisahan kita dalam kebaikan.

Baca Juga : Pimpin Upacara HUT ke-78 RI, Bupati Ade: Kemerdekaan Mengajarkan Kita tentang Tanggung Jawab

Doa ini juga mengandung permohonan agar Allah melindungi kita dan keturunan kita dari keburukan, serta menghindarkan kita dari gangguan setan yang terkutuk.

3. Memohon Pertolongan

أسعدكَ اللهُ بصعيد هَذَا اليومِ المُبَارَكِ، ووَسَعَ عَلَيْكَ رِزْقَكَ وَأَلْهَمَكَ ذِكْرَهُ، وَأَجَابَ دَعْوَتَكَ، وَزَادَكَ مِنْ فَضْلِهِ، وَحَفِظَ دِينَكَ وَأَيَّدَكَ بِنَصْرِهِ، وَرَضِيَ عَنْكَ وَأَرْضَاكَ عَنْ حُبِّهِ، وَعَنِ النَّارِ أَبْعَدَكَ وَأَدْخَلَكَ جَنَّتَهُ، وَلِلْخَيْرِ أَرْشَدَكَ وَكَفَاكَ نِعْمَتِهِ.

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu.

Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya.”

Doa hari Jumat tersebut berisi harapan agar Allah SWT memberikan berkah pada hari Jumat, memperluas rezeki, memberikan inspirasi, mengabulkan doa, menambahkan keutamaan, menjaga agama, memberikan pertolongan, meridhai dan mencintai, serta melindungi dari bencana.

Doa ini mencerminkan pengharapan untuk kebahagiaan, perlindungan, dan petunjuk dari Allah dalam menjalani hari Jumat yang diberkahi.

Baca Juga : Di Hari Jadi ke-78 RI, PT INTI Luncurkan Seven Digital Genuine Products

4. Dihindarkan dari Musibah

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khairin.

Artinya: “Semoga Allah memberi berkah untukmu dalam kebaikan. Semoga Allah memberi berkah dalam musibahmu. Dan semoga Allah mengampuni kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan.”

Doa hari Jumat ini mengandung harapan agar Allah memberikan berkah dalam segala kebaikan dan musibah, serta mengampuni suami dan istri dalam kebaikan.

Doa hari Jumat ini menggambarkan pengharapan untuk perlindungan, berkah, dan pengampunan dari Allah dalam menjalani kehidupan berumah tangga dengan penuh berkah dan rahmat-Nya.

5. Dilancarkan Rezeki

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adza bannar.

Artinya: "Ya Allah, berikan kami berkah pada rezeki yang telah Engkau berikan dan peliharalah kamu dari siksa neraka."***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini