5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Bekerja, Salah Satunya Mengeluh Pekerjaan di Media Sosial

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Bekerja, Salah Satunya Mengeluh Pekerjaan di Media Sosial Semangat Kerja Mulai Hilang. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Terkadang tanpa disadari, sikap yang kita tunjukan di kantor seringkali dinilai oleh rekan kerja atau bahkan atasan kita.

Dari sikap tersebut tentu dapat mencerminkan bagaimana kepribadiaan kita sebenarnya.

Nah agar kamu tidak dinilai memiliki kebiasaan buruk, berikut adalah hal-hal yang harus dihindari di kantor agar kamu tetap menjadi pribadi yang profesional dalam setiap pekerjaan.

Baca Juga : KONI Jabar Jalin Kerjasama Baru, Persiapan Hadapi PON 2024 Kian Matang

Berikut ini ulasannya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengeluh soal pekerjaan di sosial media

Kebiasaan buruk yang terakhir yang harus kamu hindari saat bekerja adalah mengeluh soal pekerjaan di sosial media.

Mungkin bagi sebagian orang dengan mengeluh di sosial media bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan beban pikiran.

Akan tetapi jika sampai hal ini dijadikan kebiasaan setiap harinya maka tentu saja akan ada efek jangka panjang yang akan kamu terima bahkan bisa saja membahayakan pekerjaan serta karirmu di perusahaan.

Bisa saja suatu saat keluhanmu mengenai pekerjaan di sosial media akan diketahui oleh atasan dan dianggap menjadi salah satu bentuk pencemaran nama baik perusahaan.

Oleh karena itu bagi kamu yang sering melakukan kebiasaan ini ada baiknya jangan diteruskan karena hal ini akan berbahaya untuk karirmu ke depan.

2. Melakukan pekerjaan sampingan di jam kerja

Poin yang satu ini berkaitan dengan prioritas. Kamu harus bisa membedakan yang namanya pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan.

Jangan sampai pekerjaan sampinganmu mengganggu pekerjaan utama kamu di kantor.

Sebaiknya, lakukan pekerjaan sampingan di saat kamu memiliki waktu luang sehingga kamu juga merasa tidak terbebani dengan jumlah pekerjaan yang menumpuk.

3. Memakai properti kantor untuk bisnis pribadi

Memang bukan hal yang aneh di jaman ini banyak sekali karyawan yang mempunyai pendapatan sampingan atau kamu juga membuka usaha lain selain bekerja di kantor.

Tapi bukan berarti kamu bisa menggunakan berbagai properti kantor demi bisnismu tersebut. Jangan gunakan fasilitas kantor untuk mendukung kepentingan diri sendiri. Selain merugikan, hal ini juga dapat membahayakan reputasimu.

Baca Juga : BMKG Tekankan Pentingnya Literasi dan Mitigasi Minimalkan Dampak Risiko Ancaman Gempa Sesar Lembang

4. Menelpon dengan suara keras

Seperti yang kamu ketahui dan rasakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor membutuhkan konsentrasi penuh.

Tentu saja teman kerjamu akan terganggu apabila kamu melakukan pembicaraan via telepon dengan suara yang cukup keras.

Apabila sinyal telepon memang terganggu ada baiknya kamu keluar terlebih dahulu dari ruangan kerja dan pergi untuk berbicara di tempat yang terbuka.

5. Pergi tanpa membawa handphone

Sebagai seseorang karyawan yang profesional, kamu pasti dituntut untuk dapat dihubungi setiap saat selama jam kerja.

Atasan kamu bisa jadi tak selalu ada di kantor, terlebih lagi jika kamu selalu berhubungan dengan klien melalui mobile, maka kamu akan sangat dituntut untuk selalu bersama handphone selama jam kerja.

Maka dari itu janganlah pernah pergi tanpa membawa handphone jika pekerjaanmu membutuhkan media komunikasi yang intens dengan atasan ataupun klien.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari saat bekerja, meskipun terlihat sepele tetapi ada baiknya mulai saat ini kamu harus bisa mengontrol diri kamu untuk bisa menghindari hal-hal tersebut karena tentunya hal ini akan berefek buruk untuk kamu dan karir mau ke depannya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini