Awas Penyakit Leptospiros yang Umum Terjadi Saat Banjir

Awas Penyakit Leptospiros yang Umum Terjadi Saat Banjir Dok. Banjir di Jalan Cibaduyut Bandung. (Daddy Mulyanto/TERASBANDUNG.COM)

TERASBANDUNG.COM - Musim penghujan, masyarakat Indonesia diharapkan dapat bisa mulai waspada dengan datangnya bencana banjir, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat siap dan terhindar dari berbagai kemungkinan terburuk dari datangnya banjir, salah satunya kehilangan barang berharga hingga terserang penyakit penyerta banjir.

Salah satu penyakit penyerta banjir yang jarang diketahui oleh masyarakat adalah penyakit Leptospirosis.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui kencing tikus berupa bakteri yang masuk melalui kulit yang lecet atau selaput lendir pada saat kontak dengan banjir atau genangan air sungai hingga selokan dan lumpur.

Baca Juga : Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci Diresmikan, Rekomendasi Pariwisata Baru yang Instagramable

Berikut ini adalah gejala penyakit leptospirosis yang dapat dirasakan oleh pasien yang terjangkit, seperti disadur dari laman Dinas Kesehatan:

1. Demam Mendadak

2. Lemah

3. Mata merah

4. Kekuningan pada kulit

5. Sakit kepala

6. Nyeri otot betis

Pencegahan penyakit leptospirosis

Setelah mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan apabila pasien terpapar bakteri Leptospirosis, mengetahui Tindakan pencegahan juga merupakan hal yang penting untuk diketahui, diantaranya adalah:

Baca Juga : 6 Khasiat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui dan Sayang untuk Dilewatkan

1. Menggunakan sarung tangan dan sepatu boots saat membersihkan rumah/selokan

2. Mencuci tangan dengan sabun setelah selesai beraktivitas.

3. Dengan mengetahui berbagai hal di atas, diharapkan masyarakat dapat bersiap dan berhati-hati terhadap penyakit penyerta banjir, seperti Leptospirosis.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala Leptospirosis seperti yang telah disebutkan di atas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari para petugas kesehatan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini