5 Cara Paling Aman Menggunakan Set Top Box (STB) agar Tidak Meledak dan Cepat Rusak

5 Cara Paling Aman Menggunakan Set Top Box (STB) agar Tidak Meledak dan Cepat Rusak Cara seting Set Top Box yang aman agar tidak meledak dan cepat rusak. (Tangkapan layar dari siarandigital.kominfo.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Baru-baru ini sempat viral soal ledakan set top box (STB), perangkat untuk menangkap siaran TV digital, yang memicu korban jiwa disebut hoaks.

Sebelumnya, beredar luas di media sosial narasi dan video yang menyebutkan kejadian STB meledak di perumahan Cikande, Tangerang, dan menyebabkan tiga korban jiwa.

Namun, berdasarkan penelusuran tim Jabar Saber Hoaks, insiden tersebut sebenarnya adalah video rumah yang terbakar akibat sebab lain.

Tim Jabar Saber Hoaks mendapatkan fakta ini usai melakukan penelusuran via artikel berita, lokasi di Google Maps, serta mencocokannya dengan beberapa video insiden kebakaran rumah.

Tim Saber Hoaks juga menemukan bahwa ada kejadian lain perihal STB yang meledak. Yakni, STB milik Tuajah (60) warga RT 003 RW 001 Kampung Tonjong, Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, yang meledak saat digunakan Senin (21/11) sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga : Jadwal Lengkap 8 Besar Piala Dunia 2022, Ada Maroko vs Portugal hingga Inggris vs Prancis

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian STB meledak di Kramatwatu Kabupaten Serang tersebut. Meski demikian, banyak konten kolase yang beredar yang di masyarakat yang menggabungkan kejadian STB meledak di Serang dan kejadian kebakaran rumah laundry di Tangerang.

"Klaim bahwa STB (Set Top Box) meledak yang mengakibatkan 3 korban jiwa di Cikande adalah salah. Faktanya, tidak ada hubungannya kejadian STB meledak yang pernah terjadi di Serang dengan 3 korban jiwa di Cikande," tim saber hoaks menyimpulkan.

Akibat kejadian itu, tak sedikit masyarakat yang belum mengetahui cara memasang STB. Bahkan masyarakat juga mulai resah karena beredarnya kasus tv dan Set Top Box yang meledek, viral di media sosial.

Untuk menghindari itu, masyarakat perlu tahu cara merawat STB atau cara menggunakan Set Top Box yang aman.

Beberapa di antaranya Anda perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari saat pemakaian Set Top Box (STB) tersebut.

Baca Juga : Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Anggota JAD, Pernah Terlibat Teror Cicendo

Berikut ini tips aman menggunakan Set Top Box:

1. Letakkan STB di tempat aman

Untuk menggunakan STB hal yang pertama perlu diperhatikan tempat STB tersebut akan diletakkan. Rata-rata Set Top Box memiliki bentuk kotak dan ukurannya kecil memungkinkan mudah diletakkan di mana saja.

Namun, perlu diketahui pengguna waspada terhadap kerawanan kemungkinan rusak terjadi. Satu di antaranya memperhatikan tempat menyimpan Set Top Box tersebut di tempat aman.

Seperti barang elektronik lainnya, hindari STB tidak diletakkan di tempat lembab dan terik matahari. Jika ditempatkan di tempat lembab dan terik maka kemungkinan terjadinya muncul jamur dan korosi.

Dengan demikian, Anda perlu meletakkan STB di tempat aman, termasuk hindari jangkauan anak-anak.

2. Jauhkan STB dari perangkat elektronik panas

Selain terik matahari yang menyengat panas, STB juga perlu dijauhkan dari perangkat elektronik panas. Perangkat panas di sekitar STB juga rentan menjadi sumber panas bagi perangkat elektronik lainnya.

Demikian, Anda juga perlu menghindari agar tidak meletakkan STB di atas televisi. Apabila meletakkan STB di atas TV maka akan menghasilkan suhu panas lebih tinggi. Suhu panas terlalu tinggi menyebabkan TV maupun STB cepat rusak.

Baca Juga : Bom Bunuh Diri, Meski Takut, Didin Tetap Buka Warung Nasi di Dekat Polsek Astana Anyar

3. Jangan Biarkan STB Selalu Menyala

Seperti barang elektronik pada umumnya, penggunaan STB dapat mengeluarkan suhu panas ketika dipakai atau dinyalakan.

Oleh karena itu, jika STB dibiarkan menyala terus meski tidak sedang menonton tv maka akan membuat perangkat cepat rusak.

Demikian pengguna memperhatikan jika STB ketika tidak digunakan untuk menonton untuk dimatikan.

Terlebih mematikan barang elektronik jika tidak sedang digunakan tersebut juga bisa membuat pengguna menghemat listrik.

4. Bersihkan STB

Satu di antara hal yang sering diabaikan pengguna adalah perawatan perangkat elektronik, termasuk STB. Perangkat elektronik seperti STB dibersihkan secara rutin untuk mencegah agar tidak mudah rusak.

Jika tidak dibersihkan STB perlahan debu yang bisa masuk melalui lubang mikro sekalipun bisa merusak perangkat.

Untuk itu, Anda perlu merawat STB dengan membersihkannya secara rutin. Pembersihan rutin ini juga sebagai faktor eksternal cara mencegah STB tidak mudah rusak.

Baca Juga : Tanpa 3 Pilar Penting, Ini Prediksi Starting XI Persib vs Persik Kediri Pekan 12 Liga 1 2022-2023

5. Pastikan Arus Listrik Stabil

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dari tips aman cara menggunakan STB adalah memastikan perangkat dari arus listrik yang aman dan stabil.

Tegangan listrik pun menjadi faktor sangat berpengaruh bagi awet atau tidaknya STB yang digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan arus listrik di rumah aman dan syabil agar tidak menimbulkan konslet pada STB.

Itulah beberapa tips aman dan cara menggunakan STB agar tidak meledak dan tidak cepat rusak.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini