Shayne Pattynama Siap Perkuat Timnas Indonesia, Ini Prosesi Terakhir yang Wajib Dilakukan

Shayne Pattynama Siap Perkuat Timnas Indonesia, Ini Prosesi Terakhir yang Wajib Dilakukan Shayne Pattynama akan memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram @s.pattynama)

TERASBANDUNG.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali sangat bersyukur Shayne Pattynama bisa segera memperkuat Timnas Indonesia.

Pasalnya proses naturalisasi Shayne Pattynama sudah mencapai babak akhir setelah Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pewarganegaraan (naturalisasi) untuk Shayne Pattynama.

"Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Pattynama sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi," kata Menpora Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Penandatanganan Keppres ini menguatkan keputusan DPR RI untuk melanjutkan proses pemberian kewarganegaraan RI kepada Shayne Pattynama di Rapat Paripurna DPR RI beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Luis Milla Tak Sabar Hadapi Putaran 2 Liga 1, Ini Alasannya

 “Alhamdulillah hari ini Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian kewarganegaraan RI kepada Shayne Pattynama sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo," ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Setelah Keppres ditandatangani, maka selanjutnya Shayne Pattynama akan menjalani proses lanjutan sebelum akhirnya resmi memperkuat timnas Indonesia.

Nantinya Kementerian Hukum dan HAM akan mengundang Shayne Pattynama untuk menghadiri pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia, diikuti dengan pemberian paspor.

“Semua sudah sesuai prosedur dan mekanisme. Semoga proses selanjutnya berjalan lancar. Kita sama-sama berharap semua proses bisa berjalan lancar, termasuk proses perpindahan asosiasi” tutup Iriawan.

Baca Juga: Dongkrak Prestasi PB PASI Bangun Pusat Pelatihan di Pangalengan Jawa Barat Seluas 10 Hektar

Rencananya pengambilan sumpah Shayne Pattynama akan dilakukan  pengambilan sumpah di kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta. 

"Kita berharap proses ini bisa segera termasuk perpindahan dari Asosiasi Sepak Bola Eropa ke Asosiasi Sepakbola Asia," tambah Menpora Amali.

Diharapkan dengan kehadiran Shayne Pattynama bisa menambah kekuatan tim nasional Indonesia dalam berbagai pertandingan kedepannya. 

Shayne Pattynama merupakan pemain yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas lalu diajukan PSSI untuk dinaturalisasi karena memiliki garis keturunan Indonesia. 

Pria yang berusia 23 tahun ini memiliki darah Indonesia dari ayah kandungnya yang dikatakan berasal dari Semarang, Jawa Tengah. 

Shayne Pattynama saat ini, Shayne berposisi sebagai bek kiri untuk klub divisi utama Liga Norwegia, Viking.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini