Kabar Baik Kompetisi Liga 1 Musim Depan, Jadwal Pertandingan Bakal Lebih Teratur Hingga Penggunaan Sistem VAR

Kabar Baik Kompetisi Liga 1 Musim Depan, Jadwal Pertandingan Bakal Lebih Teratur Hingga Penggunaan Sistem VAR Logo Liga 1. (Net)

TERASBANDUNG.COM - Sederet kabar baik disampaikan ketua umum PSSI Erick Thohir terkait gelaran kompetisi Liga 1 2023/2024.

Erick Thohir mengatakan sudah menyerahkan jadwal kompetisi Liga 1 musim depan kepada Kapolri demi adanya kepastian izin pertandingan.

Pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini menyakini kompetisi Liga 1 musim depan akan berjalan jauh lebih baik ketimbang musim-musim sebelumnya.

Salah satu indikasinya, Erick Thohir memastikan tidak akan ada lagi kendala izin pertandingan yang dikeluarkan pihak kepolisian karena sudah diselesaikan jauh-jauh hari.

Baca Juga : Rumor Persib Hari Ini: Kode dari Hariono, Bintang Timnas Malaysia Gabung Persib? Teddy: Tunggu Saja!

Sehingga, kompetisi akan berjalan lebih teratur, tidak ada lagi yang digelar tanpa penonton, serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penonton, sponsor, juga pemegang hak siar.

Penyerahan jadwal kompetisi ini merupakan bagian dari komitmen PSSI yang sebelumnya menekankan kepada PT LIB untuk menyiapkan jadwal paling cepat tiga bulan sebelum kompetisi dimulai pada 1 Juli 2023 mendatang.

Lebih lanjut, ada yang akan berbeda dalam Liga 1 musim depan. Erick Thohir mengatakan sistem Video Assistant Referee atau VAR atau Asisten Wasit Video bakal mulai diberlakukan musim depan.

"Mudah-mudahan juga sistem VAR akan diberlakukan, tapi di pertengahan musim," kata Erick.

Ia menyampaikan kepastian penggunaan sistem VAR untuk Liga 1 musim depan merupakan kesepakatan antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru.

VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang acapkali terjadi dalam pertandingan sepakbola Indonesia.

Meski begitu, Erick menilai implementasi VAR tentu memerlukan waktu mengingat perlunya pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat pertandingan.

Baca Juga : UPDATE Rekap Transfer Persib Hari Ini: 10 Pemain Dipertahankan, Daftar Pemain Dicoret Bertambah

"Ini kesepakatan dengan PT Liga bahwa saya mau sistem VAR mesti dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim," kata Erick.

Saat ini PSSI juga sedang berdiskusi dengan PT LIB terkait stadion mana yang menjadi percontohan untuk sistem VAR nanti.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini