Toko Roti Sidodadi Makin Populer, Ini Cerita Perjalanannya Selama 69 Tahun

Toko Roti Sidodadi Makin Populer, Ini Cerita Perjalanannya Selama 69 Tahun Toko Roti Sidodadi Makin Populer. (Bandung.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Toko yang populer di Kota Bandung ini semakin menjadi incaran para pemburu kuliner, namanya adalah Roti Sidodadi.

Tepat berada di Jalan Otto Iskandardinata nomor 255, dengan beraneka macam varian roti, menjadi pilihan yang tepat untuk disantap.

Disadur melalui siaran pers Humas Kota Bandung, tepat 69 tahun, usaha roti yang dimiliki oleh Hiendrawan Kosasih ini berjalan.

"Terbentuknya tahun 10 Mei 1954 oleh bapak Hiendrawan Kosasih. Beliau melihat harga roti pada masa itu rata-rata masih cukup tinggi untuk masyarakat kita. Hanya orang Belanda dan beberapa golongan saja yg bisa menikmati roti," kata Karyawan Roti Sidodadi, Wahyu, Selasa 5 September 2023.

Ia mengungkapkan, kala itu, varian rasa roti belum banyak. Hal ini menjadi peluang bagi Roti Sidodadi.

Baca Juga : Tidur Nyenyak Bisa Kurangi Risiko Kematian Hingga 40 Persen, Ini Rekomendasi Tidur yang Baik Menurut Studi

"Awalnya beliau mengawali usaha dengan memproduksi biskuit dan kue kering. Selain karena peluang usaha, saat itu usaha biskuit kurang berkembang, maka diputuskan untuk fokus pada usaha produksi dan berjualan roti," ujarnya.

Wahyu menambahkan, pemilik mengembangkan dan memproduksi roti dengan harga terjangkau oleh banyak lapisan masyarakat.

Pemilik juga ingin kalau roti itu bukan hanya dapat dinikmati oleh golongan atau lapisan masyarakat tertentu saja.

"Selain itu berinovasi dengan membuat roti seperti roti tawar tapi rasa agak sedikit manis dengan nama Roti Frans, untuk dapat lebih menghemat maka dibuat pula Roti Frans dengan isian coklat. Jadi orang tidak perlu membeli mentega sebagai olesan dan coklat butir (mesies) sebagai isian. Sehingga dapat lebih menghemat," ungkapnya.

Ada juga produksi hemat lainnya yaitu Limarasa dengan isian coklat, keju kacang, susu nanas plus kismis. Berat satuannya pun lebih berat dari roti manis satuan.

"Di sini ada 20 lebih varian rasa. Dari yang manis hingga asin, paling banyak dibeli itu frans coklat, kopi dan pisang coklat," ungkapnya.

Soal harga, Roti Sidodadi sangat terjangkau yaitu mulai Rp. 4.700. Roti coklat, susu, nanas, krenten dan horn. Ada juga roti asin, rasa kornet, smoke beef dan baso.

Wahyu menerangkan, ciri khas dari produk toko Sidodadi adalah tanpa adanya bahan pengawet, bahan pelembut, pewarna dan dengan bahan isian yang alami juga.

Baca Juga : Setelah Tegalega dan Pasir Biru, Pemkot Bandung Terpaksa Buat Lagi TPS di Gedebage

"Produk yang dihasilkan padat tapi lembut. Daya tahannya pun hanya 4 hari dengan suhu ruangan. Dapat pula disimpan di kulkas agar dapat bertahan sedikit lebih lama. Kecuali untuk roti horn atau kue soes karena bahan isiannya mayoritas adalah susu," bebernya.

Untuk tempat usaha, lanjut Wahyu dari awal mula sampai sekarang masih di tempat yang sama. Saat ini dijalankan oleh anak-anak dan menantu sebagai generasi ke-3 tapi tetap dengan komitmen yang sama dengan maksud dari pendirian awalnya.

"Nama Sidodadi itu ada unsur bahasa Jawa. Karena istri dari Bapak Hiendrawan Kosasih merupakan keturunan yang berasal dari Jawa Tengah. Arti dari nama Sidodadi itu, Sido Dadi yaitu sudah jadi semakin jadi," ungkapnya.

Untuk jam operasional, toko buka setiap hari pada pukul 10.30-18.00 WIB. Sementara untuk pemesanan menyesuaikan waktunya, bisa menghubungi langsung atau pantau instagram @toko_sidodadi_bandung.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini