Ini Rekomendasi Jalur Alternatif Mudik Lebaran di Jawa dan Sekitarnya

Ini Rekomendasi Jalur Alternatif Mudik Lebaran di Jawa dan Sekitarnya Suasana di Jalan Tol saat mudik Lebaran. (Daddy Mulyanto/RAGAMNUSANTARA.COM)

TERASBANDUNG.COM - Pulang kampung atau biasa disebut mudik sudah menjadi tradisi orang Indonesia ketika Hari Raya tiba.

Jutaan orang Indonesia yang mudik mengakibatkan kemacetan akibat volume jalanan tidak bisa menyaingi volume kendaraan.

Jalur-jalur alternatif menjadi pilihan pemudik untuk menghindari kemacetan parah. Karena itu inilah pilihan-pilihan jalur alternatif mudik di Jawa dan sekitarnya seperti dilansir dari laman Tokopedia.

Baca Juga : 10 Ucapan Romantis Selamat Buka Puasa untuk Pasangan di Bulan Ramadan

1. Jalur alternatif mudik di Pantura

Meluapnya pemudik mengakibatkan Pantura mengalami kemacetan parah. Untuk menghindari kemacetan Pantura, pemudik bisa melewati jalur alternatif menuju Desa Krasak, Jatibarang, Indramayu.

Saat masuk karawang, arahkan ke jalan Syekh Quro, Buahaseum, lalu tembus di Blanakan. Kamu akan tembus di pasar Sukamandi, Pantura.

2. Jalur alternatif Selatan

Untuk kamu yang melewati jalur Selatan, selain Nagrek, titik utama kemacetan lainnya adalah di Malangbong. Untuk menghindari Malangbong, terdapat jalan alternatif Kadungora.

Ikuti jalannya sampai Leles lalu belok kiri dan masuk jalur Sarkanjut. Setelah itu masuk jalur Bayuresmi dan tembus ke Jalan Sudirman Sukadana-Cilawi.

3. Jalur alternatif menuju Garut

Jalur ini sering dilalui masyarakat yang akan mudik ke Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Jawa Tengah. Untuk mudik Lebaran dan Cuti Bersama tahun 2022, masyarakat disarankan untuk memilih jalur alternatif menuju Kota Garut via Kamojang dan Cijapati sebelum meneruskan ke kota tujuan berikutnya.

Baca Juga : 7 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran, Dijamin Uang THR Masih Tersisa Banyak

4. Jalur alternatif menuju Yogyakarta

Untuk menuju Yogyakarta, biasanya pemudik akan menggunakan jalur Pantura. Agar lebih cepat, pemudik bisa menggunakan jalur alternatif tengah. Jalur ini bisa dilalui melalui rute tol Jakarta-Cikampek-Cipali-Pejangan, Pejangan-Prupuk, Prupuk-Bumiayu, Bumiayu-Purwokerto, Purwokerto-Wonosobo, Wonosobo-Magelang, Magelang-Yogyakarta.

Namun, di tahun 2022 ini pemerintah menyarankan masyarakat untuk memilih rute di jalur Pansela melewati Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan kabupaten Gunungkidul.

5. Jalur alternatif menuju Surabaya

Untuk kamu yang ingin mudik menuju Surabaya, kamu bisa melewati jalan tol baru yaitu tol Mojokerto-Surabaya.

Kamu bisa berangkat melalui tol yang digunakan untuk ke Semarang, yaitu tol Jakarta-Cikampek, tol Cikopo-Palinan, Palinan-Kanci, Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Brebes, tol Brebes-Semarang kemudian terakhir dilanjutkan dengan tol Mojokerto-Surabaya.

Rute ini bisa dibilang jalur alternatif karena masih baru.

Baca Juga : Ini Dia 4 Tips dari OJK Cara Mengelola Keuangan saat Ramadan

6. Jalur alternatif menuju Jawa Tengah

Jika kamu ingin mudik ke arah Jawa Tengah seperti Semarang dan Banjarnegara, kamu bisa melewati tol baru Brebes-Batang.

Caranya, dari Jakarta kamu melewati tol Cipali lanjut ke tol Palinan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes dan diakhiri dengan masuk Tol Brebes-Batang.

Adapun jalur Pansela di Provinsi Jawa Tengah melewati Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo.

Itu tadi adalah pilihan-pilihan jalur alternatif mudik di Jawa dan sekitarnya supaya kamu tidak terkena kemacetan parah.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini