Ini Dua Perusahaan yang Jadi Tersangka Penyebab Kasus Gagal Ginjal Akut Anak oleh BPOM

Ini Dua Perusahaan yang Jadi Tersangka Penyebab Kasus Gagal Ginjal Akut Anak oleh BPOM Ilustrasi Police line di dua perusahaan yang menjadi tersangka penyebab kasus gagal ginjal pada anak. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut ada dua perusahaan yang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait obat sirup yang mengakibatkan kasus gagal ginjal akut pada anak.

Ketua BPOM Penny Lukito mengatakan, dua perusahaan ini dinyatakan sebagai tersangka karena melanggar aturan batas aman penggunaan kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

"Melebihi batas aman penggunaan. Hasil pengawasan terhadap produk dan bahan baku mengandung cemaran EG dan DEG dan pelaku usaha dan produsen yang telah melanggar," ungkap Penny Lukito dikutip dari pmjnews.

Penny menambahkan, kedua perusahaan itu adalah PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industri. Sementara itu, perusahaan lainnya masih dalam proses pemeriksaan saksi.

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan SE Penggunaan Obat Sirup Demi Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak

"Terhadap PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industri telah dilakukan proses penyidikan dan telah ditetapkan tersangka," tuturnya.

"Terhadap PT Samco Farma saat ini masih dilakukan proses penyidikan, masih dilakukan pemeriksaan saksi dan ahli. Selanjutnya segera dilakukan penetapan tersangka," sambungnya.

Penny menjelaskan, saat ini proses penyidikan BPOM bersama kepolisian masih terus berlanjut. Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk proses penindakan.

"Penyidikan terhadap dua sarana, yaitu sarana produksi PT Afifarma dan CV Samuderakemikal, telah berproses bersama antara BPOM dan kepolisian," terangnya.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung Pastikan Apotek tak Menjual Obat Sirop yang Dilarang

Sementara itu pihak Polri melakukan penyegelan pada PT Afi Farma dan supplier bahan baku obat CV Samudera Chemical menjadi tersangka kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA).

Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto menegaskan dua perusahaan itu sudah tidak beroperasi lagi.

“Ya sudah disegel dan polisi sudah memasang garis polisi (police line),” ungkap Pipit.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini